Selasa, 16 Apr 2019 20:50 WIB

Butuh Tidur Cepat Biar Besok Pemilu Tak Mengantuk? Boleh Coba Trik Ini

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Tidur lebih awal membantu memperbaiki kondisi tubuh keesokan paginya (Foto: iStock) Tidur lebih awal membantu memperbaiki kondisi tubuh keesokan paginya (Foto: iStock)
Jakarta - Rabu (17/4/2019), rakyat Indonesia akan menentukan pilihannya. Pastikan malam sebelumnya sudah cukup tidur agar tidak salah coblos gara-gara mengantuk.

Bagi yang terbiasa beraktivitas hingga larut malam, tidur lebih awal supaya besok bisa bangun pagi adalah tantangan tersendiri. Memaksakan diri berbaring di ranjang terkadang hanya berakhir dengan gelisah berjam-jam, dan baru benar-benar terlelap lewat tengah malam.

Tenang, ada teknik jitu yang bisa diterapkan agar mata cepat terpejam. Konon, militer di Amerika Serikat biasa menerapkan teknik ini agar bisa jatuh tetidur secepat mungkin sehingga tidak banyak waktu terbuang.



Beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk bisa terpejam dalam waktu kurang dari 120 detik adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Healthline.

1. Perintahkan otak untuk terjaga
Disebut sebagai intensi paradoksal, yakni menyuruh diri sendiri untuk terjaga demi mendapatkan kondisi sebaliknya yakni jatuh tertidur. Bagi beberapa orang yang bergelut dengan insomnia, memaksakan diri untuk tidur hanya akan menambah kegelisahan. Maka yang dilakukan adalah membalik perintah, yakni untuk terjaga.

Riset menunjukkan bahwa seseorang yang mempraktikkan teknik ini bisa tidur lebih cepat. Bahkan bagi beberapa orang, lebih efektif dibanding teknik pernapasan.



2. Bayangkan tempat yang sunyi
Salah satu cara yang diklaim bisa bikin cepat tertidur adalah menghitung domba. Faktanya, membanyangkan tempat atau situasi yang tenang dan sunyi lebih efektif mempercepat tidur. Ini telah diteliti pada tahun 2002 di University of Oxford.

3. Praktikkan akupresur
Ada banyak teknik akupresur yang bisa membantu tidur lebih cepat. Apapun teknik yang digunakan, pijatan secara umum memberikan relaksasi yang sangat dibutuhkan untuk bisa tidur lelap. Jangankan pijat, terkadang sentuhan saja cukup untuk membuat seseorang terbuai dalam mimpi indah.

Punya tips lain? Bagikan di komentar ya!

(up/up)