Kamis, 18 Apr 2019 10:27 WIB

Peneliti Pamerkan Jantung Buatan Mini Hasil Cetakan Printer 3D

Firdaus Anwar - detikHealth
Jantung buatan mini ini terdiri dari sel manusia yang dicetak oleh printer 3D. (Foto: CNN) Jantung buatan mini ini terdiri dari sel manusia yang dicetak oleh printer 3D. (Foto: CNN)
Jakarta - Sekelompok peneliti dari Israel melaporkan dalam jurnal Advanced Science telah berhasil menciptakan jantung buatan mini menggunakan printer 3D. Jantung yang dibuat memakai sel manusia tersebut memiliki pembuluh darah dan bisa berdetak.

"Ini adalah pertama kalinya siapa pun di mana saja berhasil merekayasa dan mencetak seluruh jantung lengkap dengan sel, pembuluh darah, ventrikel, serta ruang," kata salah satu peneliti, Profesor Tal Dvir seperti dikutip dari CNN, Kamis (18/4/2019).

Untuk menciptakan jantung dengan printer 3D peneliti pertama kali mengambil sel manusia dari sampel lemak pasien. Dengan teknologi rekayasa genetik sel lemak diprogram ulang untuk menjadi sel otot jantung hingga pembuluh darah.


Sel yang sudah diprogram lalu dimasukkan ke dalam printer sebagai 'tinta biologis'. Printer selama 3-4 jam kemudian mencetak jantung mini dengan menggunakan tinta biologis.

Terakhir peneliti memberikan nutrisi dan oksigen selama beberapa hari sebelum jantung akhirnya mulai berdetak.

Peneliti mengatakan hal ini sebagai temuan besar karena bukan tidak mungkin di masa depan jantung manusia bisa dibuat seutuhnya dengan teknologi serupa. Pasien yang harus menjalani transplantasi jantung berarti bisa tidak perlu lagi menunggu lama donor.

"Saat ini jantung 3D kami ukurannya masih kecil, seperti jantung kelinci. Tapi untuk membuat jantung manusia yang lebih besar teknologinya kurang lebih sama," pungkas Prof Tal.


Peneliti Pamerkan Jantung Buatan Mini Hasil Cetakan Printer 3D


(fds/up)