Minggu, 21 Apr 2019 11:59 WIB

Tak Berenergi? Genjot Stamina dengan Makanan Ini

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Memiliki aktivitas yang padat tentu membuat tubuh harus mengeluarkan stamina lebih banyak. Saat stamina terkuras, tubuh pun akan kekurangan energi sehingga sulit untuk melanjutkan rutinitas lainnya

Menurut Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, tubuh yang tidak berenergi disebabkan oleh kekurangan asupan makanan sedangkan aktivitas yang dilakukan ada banyak. Penyebab lainnya adalah karena sakit, kelelahan yang berkelanjutan, dan stres.

"Untuk mengembalikan stamina agar tubuh kembali berenergi coba kembalikan keseimbangan intake dan output. Jika ada penyakit segera diobati, jika kelelahan segera istirahat yang cukup, jika ada stres segera ditanggulangi," ujar dr. Helmin kepada detikHealth, Senin (22/4/2019).


Menurut dr. Helmin, ada beberapa makanan yang bisa membantu mengembalikan stamina seperti oatmeal karena mengandung energi yang bisa membantu menambah stamina. Ada juga kacang-kacangan yang mengandung tinggi protein dan dapat diubah menjadi tenaga.

"Oatmeal mengandung energi sehingga dapat membantu menambah stamina. Kacang-kacangan biasanya tinggi protein yang dapat diubah menjadi tenaga, sementara sayuran kaya vitamin dan menirel yang diperlukan untuk mendukung proses metabolisme sehingga jika semua berjalan baik akan meningkatkan stamina," sambung dr. Helmin.


Selain itu, dr. Helmin juga mengatakan stamina dapat ditingkatkan dengan pola hidup yang teratur, pola makan dan minum yang benar, beristirahat, berolahraga, melakukan manajemen stres, dan mengonsumsi suplemen yang dapat membantu menjaga dan meningkatkan stamina.

Salah satu supplemen yang dapat meningkatkan stamina adalah suplemen yang mengandung ginseng seperti Fatigon Spirit. Suplemen ini berfungsi memelihara stamina tubuh sehingga tubuh tetap terasa segar dan berenergi. (mul/ega)