Senin, 22 Apr 2019 11:43 WIB

Hidup Hingga 109 Tahun, Nenek Ini Bagikan Rahasia Panjang Umurnya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi wanita berusia 109 tahun. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi wanita berusia 109 tahun. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Kita pasti merasa kagum pada orang yang mencapai usia satu abad dan masih tetap sehat dan bugar. Seperti Annie Wilson, seorang nenek yang mencapai usia ke-109.

Dikutip dari Daily Mail, Annie menegaskan tidak memiliki suatu rahasia yang membuatnya panjang umur, namun ada satu kebiasaan yang selalu ia lakukan, yaitu mengonsumsi segelas anggur atau wine setiap hari Jumat. Kebiasaannya ini telah dilakukannya selama bertahun-tahun.

"Begitu banyak orang bertanya kepada saya dan saya tidak melakukan sesuatu yang istimewa. Saya hanya hidup. Hidup saja," ujarnya.



Umur panjangnya secara tidak sengaja menjadikannya populer di wilayah tempat tinggalnya di Kota Charlotte, North Carolina. Orang-orang mengetahui Annie merupakan wanita yang sangat ceria.

Sejak dulu, Annie tinggal dengan seorang kakak perempuan, tujuh kakak laki-laki, dan seorang adik laki-laki. Setelah menikah, ia pun hidup bahagia dengan suaminya hingga yang telah meninggal pada tahun 1993.

"Kami bersenang-senang, kami tidak tahu apa-apa tentang menjadi kesepian atau bosan. Kami hanya terjebak di sana dan melakukan apa pun yang harus dilakukan," ungkapnya.

Seorang ahli genetika dari Australia dan profesor Harvard Medical School, David Sinclair mengatakan bahwa koenzim yang disebut NAD+ yang berlimpah di dalam tubuh manusia membantu melestarikan sel-selnya. Hal ini terbukti pada sebuah penelitian pada tikus, yang ditunjukkan pada beberapa penanda penuaan berkurang karena meningkatnya level NAD+ mereka.

(wdw/up)
News Feed