Senin, 22 Apr 2019 14:42 WIB

Penggemar Seafood? Cek Jenisnya yang Paling Tinggi Kolesterol

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Mungkin hanya beberapa orang saja yang tahu bahwa ternyata seafood mengandung kolesterol. Menurut Medical Advisor Kalbe Nutritionals dr. Ervina Hasti W, kandungan kolesterol pada kepiting adalah 60-90 mg per 100 gr, pada udang 166 mg per 100 gr, dan pada cumi-cumi 220 mg per 100 gr.

"Menurut American Heart Association, asupan kolesterol dalam sehari sebaiknya hanya 200-300 mg. Sehingga masih boleh mengonsumsi seafood namun jumlahnya harus disesuaikan, jumlahnya jangan berlebihan," ujar dr. Ervina kepada detikHealth, Minggu (14/4/2019).


dr. Ervina mengatakan bahwa seafood dapat meningkatkan kadar kolesterol baik karena kandungan lemak sehat di dalamnya. Namun, untuk mendapatkan manfaat terbaik tentu seafood harus diolah dengan cara yang tepat.

"Sebagian besar seafood memiliki kandungan lemak sehat yang justru meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung di dalam tubuh. Tetapi jika jenis makanan ini diolah dan dikonsumsi dengan cara yang tidak tepat, maka manfaatnya akan menurun," tegas dr. Ervina.

Untuk tetap dapat menikmati segudang manfaat seafood tanpa harus takut kolesterol naik, dr. Ervina menyarankan untuk menghindari mengolah seafood dengan menggoreng, apalagi menggunakan minyak yang sudah digunakan berulang kali. Cara yang lebih aman adalah direbus, dikukus, dipanggang atau ditumis dengan sedikit atau tanpa minyak sama sekali.

"Perhatikan porsinya karena segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Jadi kalau memang sudah memiliki kadar kolesterol tinggi, cukup konsumsi 1 porsi kecil makanan laut untuk 1 kali makan dan imbangi sama makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan," lanjutnya.

Selain mencermati cara mengolah dan membatasi jumlah seafood yang dikonsumsi, dr. Ervina juga menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol secara teratur, dan mengawasi asupan serta pola makan. Selain itu, nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol, giat berolahraga, kendalikan berat badan dan hindari stres, serta awasi tekanan darah.


Ada juga cara lain untuk membantu menjaga kadar kolesterol tetap stabil, yakni dengan mengonsumsi Nutrive Benecol yang mengandung Plant Stanol Ester (PSE). PSE dalam Nutrive Benecol telah teruji klinis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah 7-10% jika dikonsumsi teratur 2 kali sehari dalam 2-3 minggu.

Lengkapi dengan konsumsi Plant Stanol Ester 2 kali sehari.Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol Ester (PSE), sebuah bahan aktif yang mampu memberikan manfaat kesehatan dengan menghambat penyerapan kolesterol dari makanan. (mul/ega)