Senin, 22 Apr 2019 15:25 WIB

Aceng Fikri dan Istri Terpaut 16 Tahun, Ini Manfaat Punya Istri Lebih Muda

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Momen Aceng Fikri bersanding dengan istrinya yang beda 16 tahun. Foto: istimewa Momen Aceng Fikri bersanding dengan istrinya yang beda 16 tahun. Foto: istimewa
Jakarta - Mantan Bupati Garut Aceng Fikri menikah lagi untuk yang ketiga kalinya. Kali ini, ia mempersunting wanita Siti Elina Rahayu, yang berusia 30 tahun. Ini berarti ia dan istri memiliki beda yang cukup jauh, yakni 16 tahun.

"Siti, orang Bandung. Umur 30 tahun," ujar salah seorang kerabat Aceng, Aceng Wahyu (51) kepada wartawan via pesan singkat, Senin (22/4/2019), seperti dikutip detikNews.


Berikut adalah manfaat menikahi wanita yang terpaut usia cukup jauh seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Lebih panjang umur

Dikutip dari Medical News Today, dengan memilih pengantin wanita 15-17 tahun lebih muda, seorang pria dapat mengurangi risikonya kematian dini sebesar 20 persen. Bahkan memilih istri yang berusia tujuh hingga sembilan tahun lebih muda akan mengurangi risiko kematian dini sebesar 11 persen.

Seorang jurubicara lembaga Max Planck Institute Jerman mengatakan hasil itu mungkin disebabkan oleh wanita yang lebih muda merawat pria mereka lebih baik daripada yang lebih tua. Atau, itu bisa merupakan hasil dari seleksi alam - hanya pria yang paling sehat dan paling sukses yang mampu menarik pasangan yang lebih muda.

Namun ternyata bagi istri mereka yang lebih muda, berita itu tidak begitu baik. Wanita dengan suami yang lebih tua atau lebih muda antara tujuh dan sembilan tahun meningkatkan peluang mereka untuk meninggal lebih awal sebesar 20 persen, dan 30 persen jika perbedaan usia antara 15 dan 17 tahun.

2. Jiwa mudanya bisa menular

Menikah wanita yang lebih muda akan membuat semangat dan nafsu yang dimilikinya menular pada suaminya yang lebih tua. Efek ini positif untuk kesehatan si suami tentunya, demikian ditulis Marriage.

Istri muda Anda tidak akan puas duduk-duduk di rumah sambil menonton seri terbaru tentang Netflix. Dia akan membuat kamu bangkit dan keluar dari rumah melihat dunia. Antusiasmenya untuk menjelajahi dan menemukan dunia ini menular, membuat kamu melihat dan mengalami hal-hal dengan mata segar.

3. Kesempatannya lebih besar untuk menjadi ayah

Dengan wanita muda yang subur, kamu akan memiliki kemungkinan untuk menjadi ayah. Menjadi seorang ayah di usia lanjut juga dapat memberi kamu kesempatan untuk tetap muda dan aktif. Tapi ya begitu, tanggung jawabnya juga nggak mudah, loh.


Aceng Fikri dan Istri Terpaut 16 Tahun, Ini Manfaat Punya Istri Lebih Muda
(ask/up)
News Feed