Selasa, 23 Apr 2019 11:40 WIB

Sakit di Punggung Bagian Bawah, Sakit Biasa Atau Gejala Sakit Ginjal?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Bagaimana bedanya sakit punggung biasa dengan sakit ginjal? Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk membuang produk limbah dan kelebihan cairan dari aliran darah. Organ ini berada di bawa tulang rusuk yang bersandar pada otot-otot punggung. Sehingga tidak jarang jika ada masalah pada ginjal, sakitnya terasa seperti sakit punggung.

Lantas, bagaimana cara membedakan sakit punggung biasa dengan sakit ginjal? Dikutip dari Medical News Today, pada sakit ginjal, rasa sakit biasanya terjadi di punggung bagian bawah, bisa di satu sisi ataupun kedua sisi. Rasa sakitnya bisa menjalar ke bagian lain, seperti perut, pangkal paha, dan paha.

Sedangkan sakit punggung biasanya terasa di punggung bagian mana saja. Tetapi menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke, 80 persen orang dewasa pernah mengalami sakit punggung di bagian bawah.



Sakit punggung disebabkan adanya masalah yang memengaruhi otot, tulang, atau saraf di punggung. Nyeri otot terasa seperti nyeri tumpul atau pegal. Gerakan tubuh tertentu dapat memicu atau memperburuk nyeri otot, yang intensitasnya dapat berkisar dari ringan hingga berat dan mungkin berfluktuasi sebagai respons terhadap peregangan.

Sementara itu, gejala yang dirasakan pada sakit ginjal meliputi urine keruh atau bahkan berdarah, buang air kecil sakit, mual, muntah, sembelit atau diare, demam, pusing, dan kelelahan.

Sedangkan gejala pada sakit punggung biasa seperti sakit atau kaku di sepanjang tulang belakang, sulit berdiri, sulit berjalan, mati rasa atau kesemutan di bagian belakang, kehilangan kontrol buang air kecil, dan diare atau sembelit.




Tonton juga video Pentingnya Minum Air untuk Menjaga Ginjal Tetap Sehat:

[Gambas:Video 20detik]


Sakit di Punggung Bagian Bawah, Sakit Biasa Atau Gejala Sakit Ginjal?
(wdw/up)