Selasa, 23 Apr 2019 12:19 WIB

Gadis Ini Mengeluh Sakit Perut, Rupanya Ada Kista Seberat 15 Kg

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi sakit perut. Foto: shutterstock Ilustrasi sakit perut. Foto: shutterstock
Jakarta - Seorang gadis berusia 16 tahun dari India mengeluh merasakan sakit dan siklus haidnya datang terlambat. Saat diperiksa dokter, ditemukan kista ovarium seberat 15 kg, berukuran hampir sebesar buah semangka usai dilakukan operasi bedah.

Dikutip dari Fox News, masih belum jelas pengobatan apa yang diberikan pada sang gadis setelah operasi atau apakah ia mengalami gejala lain. Namun dilaporkan bahwa para dokter sangat terkejut akan penemuan kista 'raksasa' itu.


"Anakku telah diberikan 'hidup baru' dan kista tersebut tidak bersifat kanker," kata sang ayah, Ravidarpal Singh.

Kista ovarium atau indung telur merupakan kantung berisi cairan di dalam indung telur atau di permukaannya. Beberapa wanita memiliki kista ini dan ada yang mengalami gejala ada yang tidak. Kista ovarium umumnya akan menghilang sendiri selama beberapa bulan.

Akan tetapi kista ovarium juga bisa menjadi besar, seperti yang dialami si gadis, dan menyebabkan nyeri di pelvis, rasa kembung atau berat di perut, menurut situs Mayo Clinic. Faktor risikonya meliputi masalah hormonal, endometriosis, infeksi pelvis atau pernah memiliki kista sebelumnya.

(frp/up)