Selasa, 23 Apr 2019 13:15 WIB

Ibu Ini Hilangkan Sakit Anak dengan Sirup Gula Bawang Bombay

Widiya Wiyanti - detikHealth
Bawang bombay (Foto: iStock) Bawang bombay (Foto: iStock)
Jakarta - Sebagai orang tua pasti sangat khawatir jika anak mengalami sakit dan tak kunjung sembuh hingga membuat mereka kesulitan tidur. Pasti berbagai macam cara dilakukan untuk membuat anak merasa lebih baik.

Begitu yang dilakukan ibu dari dua orang anak, Carol Heaton. Ia sempat merasa tidak berdaya karena tidak bisa menyembuhkan demam parah yang menyerang anak keduanya yang masih berusia delapan bulan, Zavier. Antibiotik yang diminumnya untuk infeksi telinga pun membuat menjadi pilek dan batuk.

Pada saat itu, mereka bersama keluarganya sedangan berlibur di Kanada. Carol telah memberi anaknya balsem di dada, menjaganya tetap terhidrasi, dan saline spray (pencuci hidung) untuk melancarkan jalur napasnya, namun semuanya tidak ada yang berguna. Keluarganya pun menyerankan untuk memberikan obat buatan sendiri.

"Keluarga saya bersikeras agar saya mencoba obat tua ini padanya, sirup gula bawang bombay," katanya dikutip dari Mirror.



Obat buatan ini telah digunakan keluarganya selama bertahun-tahun. Ibunya Carol menggunakan resep ini untuk diberikan kepada anak-anaknya dan terbukti telah menyembuhkan.

Hanya dalam hitungan jam, Zavier dapat mengeluarkan dahak, dadanya tidak terasa sesak, dan batuknya menghilang sehingga ia bisa tidur dengan nyenyak.

"Ini adalah resep yang bagus karena mudah dilakukan, dua bahan yang dimiliki di dapur atau lemari es. Ini cepat dan alami. Dan bagian yang paling penting adalah itu benar-benar berfungsi," ungkap Carol.

Untuk membuat resep ini hanya dengan memotong bawang bombay dengan potongan besar dan tambahkan tiga sendok makan gula. Biarkan selama beberapa jam hingga air mulai terkumpul. Beri anak satu sendok sirup dari airnya tersebut setiap jam. Carol menganjurkan resep ini digunakan untuk anak di atas usia enam bulan.

(wdw/up)