Selasa, 23 Apr 2019 19:00 WIB

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Gigi Kamu

Ayunda Septiani - detikHealth
Kesehatan gigi perlu dijaga sejak masih anak-anak. (Foto ilustrasi: Ari Saputra) Kesehatan gigi perlu dijaga sejak masih anak-anak. (Foto ilustrasi: Ari Saputra)
Jakarta - Gigi memang memiliki struktur yang sangat kuat. Tapi tahukah kamu bahwa perlakuan atau kebiasaan kecil kita sehari-hari bisa membuat gigi rapuh? Misal saja kebiasaan menggigiti benda keras dan padat, seperti pulpen. Lama-lama bisa bikin gigi rusak lho.

Menurut para ahli kesehatan gigi, banyak orang tidak sadar bahwa kebiasaan kecilnya sehari-hari dapat mempengaruhi kesehatan gigi mereka. Dikutip dari Time Of India, berikut 5 kebiasaan yang seharusnya ditinggalkan jika tidak ingin gigi cepat rusak.


1. Menyikat gigi usai konsumsi asam

Pada pagi hari, kebiasaan kita menyikat giginya setelah menyantap sarapan, fungsinya sih agar tidak bau mulut. Tapi, yang harus diperhatikan, apakah sarapan tersebut mengandung asam atau tidak.

Jika kamu sudah terbiasa menyantap sarapan dengan jus dari buah-buahan seperti jeruk atau buah lain yang mengandung asam, setidaknya ditunggu satu jam untuk menyikat gigimu. Kandungan asam dalam makanan membuat enamel gigi lunak akan terkikis jika langsung menggosoknya begitu selesai makan.

2. Memakai bulu sikat yang keras

Mungkin kamu berpikir, semakin keras bulu pada sikat gigi makan akan semakin ampuh dalam membersihkan sisa makanan di gigi. Hal itu salah ternyata. Bulu sikat yang paling bagus menurut para dokter gigi adalah bulu sikat gigi yang lembut dan halus.

Bulu sikat yang keras memang bisa menghilangkan plak pada gigimu, namun juga rentan mengikis enamel gigi. Terkadang, sikat gigi dengan bulu yang keras malah bisa melukai gusimu lho detikers.

3 Menggigit bungkus makanan

Di sini siapa yang sering membuka bungkusan makanan dengan gigi? Atau mungkin yang lebih ekstrem lagi, membuka tutup botol minuman dengan menggunakan gigi. Hal ini jangan dijadikan kebiasaan ya, karena gigi diperuntukkan untuk mengunyah sesuatu yang lunak seperti makanan, bukan benda padat dan keras.

4 Selalu mengonsumsi minuman berwarna

Kopi, teh, minuman bersoda serta minuman berwarna memang sangat menggoda tapi sebisa mungkin hindari kalau tidak ingin kehilangan warna putih sehat dari gigimu. Nggak mau kan, jika senyummu harus ditahan karena takut orang lain melihat gigimu yang menguning karena kebiasaan minumanmu.

5 Ngemil makanan manis

Kebiasan ngemil merupakan salah satu yang sulit dihindari oleh kebanyakan orang. Padahal, kebiasaan ini nggak hanya berdampak pada naiknya berat badan, namun juga pada kesehatan gigi. Gigi yang terus mengunyah tanpa henti dan juga kandungan gula yang terdapat pada cemilan yang merupakan musuh terbesar dari gigi.

Nah mulai dari sekarang yuk hindari kebiasaan-kebiasaan ini dari sekarang, supaya kamu tetap bisa mendapatkan senyum indah.

(up/up)
News Feed