Selasa, 23 Apr 2019 19:13 WIB

Banyak Petugas KPPS Meninggal dan Jatuh Sakit, Menkes Angkat Bicara

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Menkes Nila Moeloek menggerakkan dinas kesehatan terkait banyaknya petugas KPPS yang meninggal di Pemilu 2019. (Foto: Aisyah Kamaliah/detikHealth) Menkes Nila Moeloek menggerakkan dinas kesehatan terkait banyaknya petugas KPPS yang meninggal di Pemilu 2019. (Foto: Aisyah Kamaliah/detikHealth)
Topik Hangat Begadang Jaga TPS
Denpasar - Sejumlah petugas KPPS meninggal dunia dan jatuh sakit usai bekerja dalam penyelenggaraan pemilu 2019 ini. Beban dan jam kerja yang terlalu lama dinilai menjadi alasannya.

Dalam sela kunjungan tematik Kementerian Kesehatan RI di Bali, Selasa (23/4/2019), Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menuturkan bahwa pihaknya telah bergerak untuk membantu mereka yang jatuh sakit usai menjaga kotak suara.

"Setelah kejadian ini kami sudah bergerak, kami bersurat ke seluruh Indonesia, ke Dinkes, untuk bergerak. Tadi di WA saya lihat sudah bergerak," ujar Menkes Nila.


Menurutnya, semua tenaga TPS akan diupayakan mengalami pengecekan kesehatan, tentu saja dilanjutkan dengan usaha menjaga kesehatan. Selain itu, ia pun menyarankan perlu adanya evaluasi untuk pemilu di kemudian hari.

"Saya kira harusnya diperhatikan, tidak mungkin kita bekerja 24 jam. Ini yang mungkin belum diperhatikan," tutur Nila.

"Kelelahan (bisa jadi sebab petugas KPPS sakit --red), mungkin saya hipertensi, obatnya tidak saya bawa, mungkin beberapa jam saya capek, stres, tidurnya kurang, bisa tensinya naik," tandasnya.

(ask/up)
Topik Hangat Begadang Jaga TPS
News Feed