Selasa, 23 Apr 2019 20:03 WIB

Durasi 'Avengers: Endgame' 3 Jam Lebih, Dokter Bagikan Tips Menahan Pipis

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Sebelum nonton film Avengers Endgame simak dulu tips menahan pipis dari dokter. (Foto ilustrasi: shutterstock) Sebelum nonton film Avengers Endgame simak dulu tips menahan pipis dari dokter. (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta - Apakah kamu menanti rilisnya film Avengers: Endgame besok? Buat kamu yang sudah membeli tiketnya dan bersiap-siap menonton, ada baiknya kamu memperhatikan tips satu ini, yakni menahan pipis saat menonton film berdurasi kurang lebih 3 jam 1 menit tersebut.

Seorang psikiater bernama Andreas Kurniawan memberikan tips untuk menahan pipis. Lewat akun Twitternya @ndreamon, ia menyebutkan, "Kesel juga kan kalau lagi seru-serunya nonton, tau2 pipis tak terbendung?"

Lalu bagaimana caranya menahan pipis, Dok?

Andreas menyebutkan menonton film durasi selama 3 jam, ruangan pasti dingin ditambah ngemil di dalam teater pasti akan menimbulkan rasa kebelet pipis. Oleh karena itu, ia menyarankan untuk buang air kecil terlebih dahulu.





"Secara rata-rata, kandung kemih akan terisi 60 menit sejak minum. Kapasitas kandung kemih sekitar 400 cc. Jadi, kalau kamu minum satu botol air mineral 600 cc, dalam satu jam kamu mungkin sudah pingin pipis. Sebaiknya minum terakhir 2 jam sebelum nonton," cuitnya.

Kemudian, ia juga menyarankan untuk menghindari meminum kopi. Hal ini disebabkan kopi memiliki efek diuretik yang bisa membuat urine jadi banyak. Walaupun kamu meminumnya bertujuan biar melek saat nonton, lebih baik hindari dulu.

"Saya suka ngemil di dalam teater. Untuk endgame, mungkin saya akan skip popcorn. Alasannya terkait sebelumnya, nanti jadi haus dan pengen es teh manis. Teh juga punya efek diuresis, bikin urine banyak keluar. Kalau tetap mau ngemil, silakan. Hindari minum soda dan manis-manis," tulis Andreas lagi.

Dikutip dari Science Alert, tubuh memproduksi urine setiap empat jam sekali, sehingga sangat tidak disarankan untuk menahannya. Terlalu sering menahan pipis bisa melemahkan otot saluran kencing dan berisiko membuatmu terkena infeksi saluran kencing.

(frp/up)
News Feed