Rabu, 24 Apr 2019 09:28 WIB

Saran Dokter Agar Pikiran Tenang Saat Nonton 'Avengers: Endgame'

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Pikiran tenang saat menonton Avengers: Endgame juga penting. Foto: Freepik Pikiran tenang saat menonton Avengers: Endgame juga penting. Foto: Freepik
Jakarta - Hari ini film 'Avengers: Endgame' telah rilis! Euforia penantian film ini hingga membuat banyak jaringan bioskop di Indonesia siap membuka layar yang tak sedikit untuk film ini dan bahkan memutarnya dari pagi hingga dini hari.

Durasi film ini juga tak tanggung-tanggung, nyaris 3 jam 1 menit. Lamanya durasi bisa membuat beberapa penonton merasa khawatir tidak dapat menahan kantuk, lapar, kebutuhan buang air kecil maupun air besar, dan kebutuhan fisik lainnya.

Namun menurut dr Andreas Kurniawan SpKJ, memang cukup penting untuk menjaga fisik agar tetap sehat dan prima selama menonton Avengers: Endgame dengan durasi yang lama. Namun ada yang lebih penting lagi, yakni menjaga kesehatan pikiran.

Psikiater berusia 31 tahun yang juga menanti-nanti datangnya film ini membagikan beberapa tips melalui akun Twitter miliknya, @ndreamon.


"Kemungkinan sebagian dari kamu akan nonton ini di malam hari sepulang kerja/kuliah. Beberapa hal yang bisa bikin ngantuk: ruang gelap, kurang tidur sehari sebelumnya, makan terlalu full, suhu dingin," cuitnya.

Kepada detikHealth, ia menjelaskan selama ada stimulus dari lingkungan yang bisa bikin kita tetap awake dan aware, maka rasa mengantuk itu akan mudah teratasi. Apalagi, film yang sudah dinanti-nantikan begitu lama pasti bisa membuat tetap fokus selama menonton.

"Justru jangan sampai pengalaman nonton terganggu bukan karena kondisi fisik, tapi kondisi pikiran yang terlalu terdistraksi oleh hal lain," tuturnya melalui pesan singkat, Selasa (23/4/2019).

Karena otak hanya bisa fokus pada maksimal satu hal pada satu waktu, ia juga menyarankan mematikan ponsel selama menonton untuk mengurangi distraksi. Pria yang sehari-harinya berpraktik di Smart Mind Center RS Gading Pluit ini juga menyebut untuk tidak membawa pekerjaan saat menonton.

"Jangan bawa kerjaan ke bioskop, bahkan sekecil kirim email/WA. Bisa nunggu sampai selesai film! Ingat, seseram-seramnya bos, lebih seram Thanos!" tutupnya.

(frp/up)