Rabu, 24 Apr 2019 10:35 WIB

Waspadai Ngantuk Saat Nonton 'Avengers: Endgame', Dokter Sarankan Atur Makan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Atur makan sebelum menonton Avengers: Endgame hari ini. Foto: iStock Atur makan sebelum menonton Avengers: Endgame hari ini. Foto: iStock
Jakarta - Durasi film 'Avengers: Endgame' yang mencapai 3 jam 1 menit memang menimbulkan sedikit kekhawatiran pada beberapa penontonnya. Apalagi, sebagian bioskop bahkan menayangkan film ini mulai dari pagi hingga dini hari.

Berbagai pertanyaan muncul, seperti bagaimana soal menahan kantuk, menahan keinginan buang air kecil dan besar, lapar dan sebagainya. Tak perlu khawatir, psikiater dari Smart Mind Center RS Gading Pluit, dr Andreas Kurniawan, SpKJ, memberikan tipsnya, misal soal bagaimana jika mendadak ingin BAB di tengah-tengah film.

"Hahaha pertanyaan menarik. Entah kenapa selama ini kita nggak terlalu concern dengan BAB ya. Karena pada dasarnya, dalam kondisi sehat, lebih mudah menahan BAB daripada BAK. Ini terkait dengan volume kandung kemih yang relatif lebih terbatas. Kecuali dalam kondisi sakit, misalnya lagi diare. Dalam kondisi itu menahan BAB jadi jauh lebih susah," jelas dr Andreas saat berbincang dengan detikHealth melalui pesan singkat, Selasa (23/4/2019).


Soal lapar, ia menyebut bisa ditangani dengan membeli makanan yang disediakan bioskop. dr Andreas lebih menyarankan untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam teater. Akan tetapi, apabila perut kenyang umumnya kita akan merasa ngantuk, lalu bagaimana mengatasinya?

"Ada yang menarik sih, pada saat kita nonton sesuatu yang seru (atau bikin stres) biasanya kita bisa tidak pengen makan. Ini terkait dengan aktivasi sistem saraf simpatis di otak. Akibatnya, fungsi tubuh yang dianggap tidak terlalu penting akan diturunkan dulu (termasuk pencernaan). Setelah sesi seru atau stresnya selesai, baru berasa laparnya," terangnya lagi.

dr Andreas menyebut kondisi tersebut dengan postprandial somnolence alias 'ngantuk setelah makan'. Biasanya kondisi ini terjadi saat kita terlalu banyak makan hingga kekenyangan, misalnya pada saat siang hari.


Makanan yang tinggi protein dan karbohidrat bisa cenderung mudah bikin ngantuk, tapi bukan berarti kita harus menghindari makan. Ia menyarankan untuk menjaga kondisi kesehatan secara umum, seperti makan dan minum secukupnya, ke WC sebelum menonton, dan menggunakan baju yang tebal agar tidak kedinginan di dalam teater.

Beberapa memandang kekhawatiran soal ini berlebihan alias lebay. Namun dr Andreas yang juga menanti-nanti film ini mengatakan bisa jadi bagi sebagian orang film ini sama saja dengan yang lainnya, namun bagi beberapa orang lainnya, ini jadi sesuatu yang sangat dinanti-nantikan.

"Buat mereka ini, tiap detik yang dijalani dalam teater pastinya bermakna dan ingin dijalani dengan maksimal," tutupnya.

Apakah kamu sudah siap menonton Avengers: Endgame, detikers?

(frp/up)