Rabu, 24 Apr 2019 16:00 WIB

Bahaya Menahan Pipis hingga 3 Jam, Infeksi hingga Gangguan Fungsi Ginjal

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Berlama-lama menahan pipis sangat tidak dianjurkan (Foto: ilustrasi/thinkstock) Berlama-lama menahan pipis sangat tidak dianjurkan (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Hari ini, film superhero 'Avengers: Endgame' sudah mulai tayang di bioskop tanah air. Untuk memuaskan para penonton, durasi film ini dibuat 3 jam! Nggak kebayang deh serunya.

Eh tapi, di bioskop kan dingin. Gimana kalau kebelet pipis? Mau ke toilet, takut ketinggalan adegan seru. Jadi pilihannya hanya satu, nahan pipis.

Dokter sekaligus influencer, dr Gia Pratama, MD memperingatkan untuk tidak pernah menahan pipis. Sebab, urine adalah media yang paling baik untuk pertumbuhan bakteri.

"Kandung kemih kita itu, ukurannya cuma 300 cc bisa teregang sampai 600 cc bahkan seliter. Tapi 125 cc aja kamu sudah kerasa pengin pipis dan itu ganggu banget," ujarnya saat ditemui di agenda Hospitalk Universitas Indonesia, Depok, Rabu (24/4/2019).



"Meski urine steril, tapi kalau pipis ditahan apalagi kalau wanita yang uretreanya hanya 5 cm bisa jadi media yang bagus buat kuman dan itu bisa bikin pipis berdarah, atau malah rasa sakit sehabis buang air kecil," sambungnya.

Sebab, urine itu bukan hanya cairan biasa saja, tapi sisa metabolisme yang harus dibuang. Jika menahan pipis apalagi dalam waktu yang lama, racun yang harusnya terbuang akan masuk lagi ke dalam darah dan akan sangat berbahaya.

"Kalau endapannya berkumpul, nanti kebentuk batu dan itu menyakitkan sekali. Infeksi saluran kelamin juga bisa terjadi dan keduanya akan mengganggu fungsi ginjal," pungkasnya.

(kna/up)
News Feed