Rabu, 24 Apr 2019 20:06 WIB

Tips Biar Tak Perlu Menahan Pipis Saat Nonton 'Avengers: Endgame'

Rosmha Widiyani - detikHealth
Tips biar aman tak menahan pipis saat nonton Avengers: Endgame. Foto: thinkstock Tips biar aman tak menahan pipis saat nonton Avengers: Endgame. Foto: thinkstock
Jakarta - Kebelet pipis di tengah pemutaran Avengers: Endgame yang berdurasi 3 jam 1 menit bisa jadi masalah besar. Penikmat film biasanya memilih menahan pipis hingga film sebelum antre di kamar mandi.

Dokter ahli urologi dr Ponco Birowo SpU, PhD punya tips buat yang ingin menikmati 'Avengers: Endgame' supaya tidak kebelet pipis di tengah film. Tentunya tips ini dilakukan dengan mempertimbangkan kecukupan nutrisi harian dan kondisi kesehatan sebelum nonton film.



1. Jangan terlalu banyak minum menjelang nonton

Buat yang jadwal nonton filmnya sudah dekat, dr Ponco menyarankan jangan terlalu banyak minum air atau asupan lain yang memancing pipis. Kebutuhan cairan tubuh sebanyak 8 gelas atau setara 2 liter per hari bisa dicukupi sebelum atau setelah nonton film.

"Menjelang nonton memang jangan terlalu banyak minum karena khawatir kebelet pipis. Tapi kebutuhan cairan tetap harus terpenuhi demi kesehatan tubuh," kata dr Ponco dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM).

2. Pipis sebelum nonton

Menurut dr Ponco, persiapan nonton film mirip menyiapkan perjalanan jauh yang mungkin tidak ketemu atau mampir di rest area. Di tempat terakhir beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan, dr Ponco menyarankan pipis meski tidak kebelet.

"Sebelum nonton sebaiknya pipis supaya tidak merasa kebelet di tengah pemutaran film. Nonton film tentu terasa lebih nyaman dengan kandung kemih yang kosong," kata dr Ponco.

3. Selama nonton jangan terlalu banyak minum

Saran berikutnya dari dr Ponco adalah tidak terlalu banyak minum selama pemutaran film. Hal ini untuk mengurangi risiko pengen pipis saat film yang diputar belum selesai.

"Biasanya kita pipis tiap 2-3 jam sekali, namun ada juga yang 1-1,5 jam sekali bergantung pada panjangnya saluran uretra. Untuk yang sering pipis sebaiknya jangan terlalu banyak minum, tentunya dengan memastikan kecukupan air tetap terpenuhi sebelum atau setelah nonton," kata dr Ponco.

(up/up)
News Feed