Kamis, 25 Apr 2019 15:05 WIB

Spoiler 'Avengers: Endgame' Bertebaran, Berkah atau Musibah?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Banyak yang terusik dengan beredarnya spoiler 'Avengers: Endgame' di internet (imdb)
Jakarta - Sebagaimana film-film Avengers sebelumnya, imbauan untuk tidak membagikan spoiler 'Avengers: Endgame' gencar digaungkan. Di sisi lain, potongan-potongan adegan juga makin banyak bermunculan.

Respons penggemar film superhero terbelah. Banyak sekali yang setengah mati mengutuk spoiler-spoiler yang menurut mereka mengganggu rasa penasaran yang telah dipupuk selama bertahun-tahun. Tapi tak sedikit pula yang membutuhkan sedikit bocoran untuk sedikit mendapat gambaran sebelum menonton versi utuhnya.

Sebuah penelitian di VU University Amsterdam pernah mebuktikan bahwa spoiler memang membuat sebuah cerita jadi kurang menegangkan. Anggapan bahwa spoiler itu 'berbahaya' terkonfirmasi dalam hasil penelitian ini.



Terkait dampaknya bagi kejiwaan, psikolog klinis dari Personal Growth, Veronica Adesla sepakat bahwa spoiler bisa memicu galau akut. Tanda-tandanya mudah dikenali dalam keseharian.

"Akibatnya menjalankan aktivitas sehari-hari, seperti: pola hidup, bekerja, belajar, berelasi, dan bersosialisasi juga jadi terganggu," katanya.

Namun tidak semua orang membenci spoiler. Setidaknya, sebuah penelitian di jurnal Psychological Science mengungkap bahwa seseorang justru lebih menikmati suatu pengalaman setelah sebelumnya mendapat spoiler.

Nah, bagaimana menurut kalian? Tim 'hunting bocoran di medsos' maupun tim 'unfriend teman yang spoiler' boleh meninggalkan komentar.

(up/kna)