Kamis, 25 Apr 2019 15:34 WIB

Benarkah Memasukkan Bawang Putih ke Dalam Vagina Bisa Sembuhkan Keputihan?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Bisakah bawang putih sembuhkan keputihan di vagina? Foto: ilustrasi/thinkstock Bisakah bawang putih sembuhkan keputihan di vagina? Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Keputihan merupakan masalah yang kerap terjadi pada wanita. Biasanya ditandai dengan keluarnya cairan dari dalam vagina, bisa berwarna putih hingga hijau kekuningan.

Belakangan ini beredar info bahwa memasukkan bawang putih ke dalam vagina diklaim sembuhkan keputihan. Benarkah hal tersebut?

Dikutip dari Metro, letak vagina yang tersembunyi memang membuatnya rentan terkena berbagai macam infeksi dan sarang bagi bakteri jahat. Namun perlu diingat, vagina mempunyai cara alamiah untuk 'membersihkan' sendiri, jadi tidak perlu diuapi, cuci atau douche, ataupun detoks.


Ginekolog Dr Jen Gunter, mengatakan hal tersebut adalah ide yang buruk. Bawang putih mengandung senyawa bernama allicin, yang diyakini para ahli bisa mengusir jamur. Ketika dimasukkan ke dalam vagina, bawang putih berpotensi membawa bakteri saat ditanam di dalam tanah yang buruk untuk tubuh.

Terlebih lagi jika digunakan untuk menyembuhkan keputihan, potensi tersebut bisa lebih membahayakan. Selain itu juga bisa berisiko menyebabkan biofilm, yakni mikroorganisme yang bisa menyebabkan masalah bakteri lainnya.

"Bawang putih bisa menyebabkan munculnya biofilm, sehingga bisakah terjadi di dalam vagina? Secara biologis masuk akal. Biofilm itu buruk. Kalian tak ingin mereka ada terutama jika ada infeksi ragi," katanya.

Para ahli telah lama mengingatkan bahwa sangat dilarang untuk memasukkan hal-hal yang memang didesain untuk vagina (misalnya penis, jari atau sex toy). Sebelumnya, artis Gwyneth Paltrow pernah menghebohkan lantaran mengklaim bahwa memasukkan telur giok ke dalam vagina dapat membantu kesehatan vagina dan meningkatkan seksualitas.




(frp/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya