Kamis, 25 Apr 2019 17:27 WIB

Para Peneliti Sebut Perbanyak Teman di Kantor Bisa Cegah Stres

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Tidak punya teman di tempat kerja, risiko stres lebih tinggi (Foto: iStock) Tidak punya teman di tempat kerja, risiko stres lebih tinggi (Foto: iStock)
Jakarta - Pekerjaan apapun rentan membuat kita stres, dan bisa semakin buruk jika kita tak segera menanganinya. Beberapa orang memang ada yang sengaja bersikap profesional dengan tidak berteman di kantor, namun studi ini menyebut, memiliki banyak teman di kantor justru bisa membantu cegah stres datang.

Tak hanya cegah stres, studi baru ini juga menyebutkan bisa meningkatkan produktivitas karyawan. Dilakukan oleh sekelompok profesor yang dipimpin oleh Jessica Methot dari Rutgers University, dan peneliti ingin memahami bagaimana relasi antara pegawai berdampak pada performa kerja mereka.

Hasilnya, ditemukan beragam manfaat dari memiliki teman di kantor. Salah satunya yang paling berdampak adalah selalu ada orang yang bisa kamu tanyai soal pekerjaan tanpa takut dihakimi.



Kemudian, para peserta studi tersebut melaporkan bahwa memiliki teman membuat mood menjadi sering lebih baik dan mendapatkan akses lebih akan informasi internal karena jejaring informal mereka.

"Akan tetapi, ada juga bagian buruknya, yakni bisa saja para pegawai terdistraksi dari pekerjaan atau jadi lebih lama menyelesaikan pekerjaan jika terlalu sering beristirahat dengan teman mereka. Ditambah, ikatan yang dekat dengan rekan kerja bisa melelahkan secara emosional dan hubungan bisa menjadi membuat stres," tulis studi tersebut, dikutip dari Times of India.

Namun para peneliti mencatat, efek negatifnya masih lebih kecil dibandingkan efek positifnya. Mereka juga melakukan studi lanjutan pada beberapa perusahaan dengan industri berbeda dan menghasilkan kesimpulan yang sama. Memilliki teman di tempat kerja mungkin bisa melelahkan kita secara emosional, namun secara keseluruhan, dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas kita.

(frp/up)
News Feed