Kamis, 25 Apr 2019 20:18 WIB

Pertemanan Rusak Akibat Spoiler 'Avengers: Endgame'? Ini Tips Memperbaikinya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bagi sebagian orang, spoiler bisa sampai merusak pertemanan (Foto: Twitter) Bagi sebagian orang, spoiler bisa sampai merusak pertemanan (Foto: Twitter)
Jakarta - Spoiler film superhero 'Avengers: Endgame' bisa memicu konflik yang merusak pertemanan. Waduh! Terus harus gimana kalau ingin memulihkan pertemanan kembali?

Menurut psikolog dari Universitas Indonesia, Bona Sardo, semua tergantung dari value atau nilai dari pertemanan tersebut. Kalau memang value nya ingin mempertahankan hubungan pertemanan karena memang akan berefek jangka panjang, maka akan baik dengan sendirinya.

"Tapi kalau memang ternyata tidak ada niat baik dari kedua belah pihak dan memang dirasa hubungan pertemanan malah merugikan, pasti tidak akan berlanjut," katanya kepada detikHealth, Kamis (25/4/2019).



Dihubungi terpisah, psikolog klinis dari Personal Growth, Kantiana Taslim, mengemukakan beberapa hal yang bisa kamu lakukan kalau nggak sengaja bikin teman sebal karena sudah spoiler film tersebut:

1. Don't act in a rush

Untuk yang sudah menonton, tentunya juga ada perasaan excited ingin membagikan atau langsung membahas cerita yang ditonton dengan orang-orang sekitar. Tapi, janganlah bertindak secara impulsif, tanpa dipikirkan konsekuensinya.

Pikirkan dulu, apakah teman kalian (di media sosial maupun di lingkungan sekitar) sudah menonton. Apakah teman yang belum menonton tersebut berharap untuk menonton langsung terlebih dahulu sebelum membahas cerita yang ditontonnya.

2. Hargai keinginan dan pendapat teman kalian

Jika teman kalian berharap ingin menonton langsung tanpa spoler, hargai keinginannya. Jangan memaksakan keinginan kalian untuk membahas cerita yang telah kalian tonton, dan malah memberikan spoiler untuknya.



3. Minta maaf

Jika sudah terlanjur memberikan spoiler, minta maaflah secara tulus kepada teman kalian. Ketika kalian tidak menghargai pendapat dan keinginan teman kalian, sudah seharusnya kalian meminta maaf atas 'ketidakpekaan' dan tindakan kalian.

Coba bayangkan bagaimana jika kalian yang mengalaminya. Hal yang sepele untuk kalian, belum tentu sepele untuk orang lain.

4. Give him / her time

Ketika kamu dan temanmu terlanjur berselisih, berikan waktu kepadanya untuk menenangkan diri. Cari waktu yang tepat ketika kemarahannya sudah mereda untuk bicara. Kamu dapat mengajaknya melakukan kegiatan lain yang disukainya untuk menguatkan bonding di antara kalian.

Selain itu, bagi kalian yang kena spoiler jangan terburu-buru ambil langkah memutuskan pertemanan. Persahabatan yang dibangun tentunya lebih penting daripada film tertentu.

"Ingat bahwa dibalik satu tindakan yang dilakukan teman kalian, masih ada kebaikan-kebaikan lain yang dimilikinya," pungkas Kantiana.

(kna/up)
News Feed