Jumat, 26 Apr 2019 09:25 WIB

Studi: Begadang 16 Menit Saja Bisa Picu Stres Bekerja

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi stres saat bekerja. Foto: iStock Ilustrasi stres saat bekerja. Foto: iStock
Jakarta - Pulang kantor walau badan terasa lelah namun pasti ingin sedikit menghibur diri. Misalnya dengan menonton serial film kesukaan atau bermain game, lalu tak terasa kamu menghabiskan waktu dengan begadang.

Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa kehilangan hanya 16 menit waktu tidur bisa menyebabkan perbedaan produktivitas dan kadar stres di keesokan harinya. Studi yang dilakukan para peneliti di University of South Florida ini menyurvei 130 pegawai sehat dan melacak tidur serta performa mereka saat bekerja.

Dilaporkan mereka yang begadang selama 16 menit dari waktu tidur biasa mengalami sulit fokus dan memroses informasi di keesokan harinya. Hal ini menaikkan kadar stres mereka, sehingga membuat mereka kurang produktif.

"Kaitan siklus ini mencerminkan bahwa waktu tidur pegawai rentan menyebabkan stres kognitif harian dan juga berkontribusi menyebabkan pengalaman stres kognitif. Temuan dari studi ini memberikan bukti empiris mengapa tempat kerja perlu melakukan lebih banyak upaya untuk meningkatkan kualitas tidur karyawan mereka," kata Soomi Lee, ketua peneliti, dikutip dari metro.co.uk.


Soomi menyebutkan bahwa pegawai yang memiliki kualitas tidur baik memiliki performa kerja yang baik karena kemampuan lebih untuk tetap fokus dalam pekerjaan dengan kesalahan dan konflik interpersonal yang sedikit.

Ini bukan pertama kalinya ada temuan yang mengungkapkan bahwa para cukup bermanfaat untuk memastikan para pegawai memiliki pola tidur yang baik. Kita smeua tahu bahwa stres dalam pekerjaan dapat berdampak pada pola tidur kita juga, yang kemudian mengacaukan pola tidur, memperburuk performa kerja dan pada akhirnya makin membuat stres.

Soomi menyarankan untuk membuat lingkungan kerja yang sehat, memastikan stres harian tak menyebabkan burnout, dan meningkatkan pentingnya keseimbangan kerja dan kehidupan sehari-hari yang sehat, salah satunya adalah tidur malam yang berkualitas.


Galau memikirkan hidup di umur 20-30an? Simak obrolan dengan psikolog dalam video Bicang Sehat berikut:

[Gambas:Video 20detik]


Studi: Begadang 16 Menit Saja Bisa Picu Stres Bekerja
(frp/up)
News Feed