Jumat, 26 Apr 2019 12:45 WIB

Kena Serangan Jantung, Ini 10 Gejala yang Bisa Dikenali

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Segera cari pertolongan bila mendapati seseorang kena serangan jantung (Foto: Istock) Segera cari pertolongan bila mendapati seseorang kena serangan jantung (Foto: Istock)
Jakarta - Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) kemarin masih menyisakan duka. Hingga kini, diinfokan jumlah petugas KPPS yang meninggal dunia kembali bertambah menjadi total 225 orang, sebagian di antaranya kena serangan jantung.

"Bertambah, jumlah anggota wafat sebanyak 225 dan sakit 1.470," ujar komisioner KPU Viryan Aziz kepada wartawan, Kamis (25/4/2019).

Kebanyakan tumbangnya ratusan petugas KPPS tersebut dilaporkan karena kelelahan dan juga kena serangan jantung. Waktu kerja tanpa henti disinyalir menjadi pemicunya.

Serangan jantung bisa menyerang siapa saja, baik usia tua maupun muda, oleh karena itu kenali tanda-tandanya seperti dirangkum dari situs Health Line berikut ini:



1. Nyeri dada

Nyeri di dada mungkin jadi salah satu tanda serangan jantung yang paling umum. Jika muncul rasa nyeri, sesak atau tekanan di dada selama beberapa menit dan mungkin menyebar ke tenggorokan atau rahang, maka perlu diwaspadai. Rasa nyeri ini bisa muncul saat beristirahat atau sedang beraktivitas. Perlu dicatat, ada beberapa serangan jantung yang tidak ditandai dengan nyeri dada, umumnya dialami oleh wanita.

2. Mual, mulas atau nyeri perut
Berada di dada tak menutupi kemungkinan perut juga bisa merasa sakit, bahkan di antaranya juga sampai muntah-muntah, terutama wanita. Segera periksakan ke dokter apabila kamu merasakannya dan kamu memiliki faktor risiko penyakit jantung seperti obesitas atau hipertensi.

3. Nyeri di lengan
Gejala klasik serangan jantung lainnya adalah rasa nyeri yang menyebar ke bagian kiri tubuh. Biasanya dimulai dari dada dan menyebar keluar, namun terkadang juga terasa nyeri di seluruh lengan.

4. Merasa pusing
Tiba-tiba sempoyongan atau merasa pusing? Bisa jadi kurang makan, berdiri terlalu cepat, atau terkena serangan jantung. Umumnya dibarengi dengan nyeri di dada atau rasa sesak, hal ini karena tekanan darah menurun sebab jantung tak mampu memompa sebagaimana mestinya.

5. Mudah lelah
Mendadak merasa lelah melakukan hal-hal yang biasa kamu lakukan, misalnya seperti menaiki tangga atau membawa belanjaan, bisa jadi kamu mengalami serangan jantung. Mengalami kelelahan ekstrem atau rasa lesu yang tak bisa dijelaskan, kadang terjadi berhari-hari? Segera periksakan ke dokter.



6. Mendengkur
Mendengkur atau ngorok sering kali dikira tidur yang pulas. Walau terbilang normal jika tidak terlalu keras, namun jika bersuara keras dan diikuti dengan suara tersedak bisa jadi tanda gangguan tidur atau sleep apnea. Sleep apnea menyebabkan kamu berhenti bernapas selama beberapa kali saat tidur, dan hal ini bisa menekan jantung.

7. Berkeringat tanpa alasan
Berkeringat memang hal yang biasa, namun jika kamu tiba-tiba berkeringat tanpa alasan bisa jadi kamu mengalami serangan jantung. Jika terjadi berbarengan dengan gejala lain, segera hubungi dokter atau datang ke UGD rumah sakit terdekat. Sebisa mungkin jangan menyetir sendiri.

8. Batuk terus-menerus
Batuk yang tanpa henti mungkin lebih dikenal sebagai tanda masalah pada paru-paru. Namun jika kamu memiliki penyakit jantung atau faktor risikonya, beri perhatian khusus saat kamu mengalami batuk panjang yang disertai dahak berwarna putih atau pink. Hal ini bisa jadi kamu mengalami gagal jantung dan darah justru kembali mengarah ke paru-paru.

9. Bengkak di kaki
Munculnya bengkak di kaki bisa disebabkan karena jantung tidak memompa secara efektif. Sehingga darah menumpuk di pembuluh dan menyebabkan bengkak. Gagal jantung juga menyebabkan organ lain seperti ginjal sulit menyingkirkan air dan sodium ekstra dari tubuh, sehingga menjadikan pembengkakan umumnya di kaki.

10. Detak jantung tak beraturan
Normal jika kita mendadak berdebar saat kita nervous atau gembira, atau juga terlalu banyak kafein dan kurang tidur. Namun jika hal tersebut terjadi tanpa alasan, baik sesekali maupun sering, segera periksakan. Bisa jadi ini merupakan kondisi fibrilasi atrium yang butuh penanganan segera.




Tonton video Menepuk Lengan Kiri Dapat Atasi Jantung, Hoax atau Tidak?:

[Gambas:Video 20detik]


Kena Serangan Jantung, Ini 10 Gejala yang Bisa Dikenali
(frp/up)
News Feed