Jumat, 26 Apr 2019 14:05 WIB

Kena Serangan Jantung, Apa yang Harus Dilakukan?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi serangan jantung. Foto: DW (News) Ilustrasi serangan jantung. Foto: DW (News)
Jakarta - Pemilihan umum (pemilu) kali ini cukup banyak memakan korban. Sejumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia, salah satunya karena kelelahan bekerja hingga kena serangan jantung.

Seorang yang terkena serangan jantung harus dengan cepat mendapatkan penanganan. Sayangnya kebanyakan orang akan merasa panik saat mendapati orang di dekatnya kena serangan jantung, lalu lupa memberikan pertolongan yang seharusnya.

Agar nyawanya bisa tertolong, ini beberapa hal yang harus dilakukan orang di sekitarnya seperti dikutip dari beberapa sumber.



1. Minta bantuan

Hubungi nomor darurat atau rumah sakit terdekat. Jangan berusaha untuk mengatasi serangan jantung sendiri. Jika tidak ada nomor darurat yang tersedia, lebih baik minta bantuan tetangga atau orang terdekat untuk mengantarkan ke rumah sakit terdekat.

2. Beri aspirin

Orang yang terkena serangan jantung disarankan untuk mengunyah atau menelan aspirin sambil mencari bantuan. Mengunyah aspirin dapat mencegah pembekuan darah yang bisa menyumbat arteri saat terjadi serangan jantung. Namun tidak disarankan bagi seseorang yang alergi terhadap aspirin.

3. Lakukan CPR jika tidak sadar

Tidak sedikit orang yang terkena serangan jantung mengakibatkan jantung dan napas terhenti. Menurut dokter spesialis okupasi, dr Raymos Hutapea, SpOK, orang tak sadarkan diri karena henti jantung dan napas, otaknya tidak mendapatkan cukup oksigen dan ini bisa membahayakan nyawanya. Maka dari itu disarankan melakukan Cardiopulmonary Resuscitation atau CPR.

Untuk CPR bisa melakukan kompresi (penekanan) di dada sebanyak 100-200 kali dengan kedalaman sekitar 5-6 sentimeter. Setelah melakukan kompresi sebanyak 200 kali dengan kecepatan 100-120 kali per menit, evaluasi korban, apakah sudah ada respon dari korban atau belum. Jika belum ada respon, ulangi kompresi sebanyak 200 kali lagi. Lakukan begitu seterusnya hingga bantuan medis datang.




Tonton juga video Menepuk Lengan Kiri Dapat Atasi Jantung, Hoax atau Tidak?:

[Gambas:Video 20detik]


Kena Serangan Jantung, Apa yang Harus Dilakukan?
(wdw/up)
News Feed