Sabtu, 27 Apr 2019 06:12 WIB

Susah Parkir Sepeda di Stasiun, Pegowes Bikin Petisi untuk PT KAI

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi tempat parkir sepeda di Mal Taman Anggrek Jakarta Barat (Foto: Uyung/detikHealth) Ilustrasi tempat parkir sepeda di Mal Taman Anggrek Jakarta Barat (Foto: Uyung/detikHealth)
Topik Hangat Susahnya Parkir Sepeda
Jakarta - Banyak orang bersepeda untuk olahraga meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Namun bagi Febi Yonesta, bersepeda juga merupakan salah satu moda transportasinya setiap hari.

Febi mengaku bersepeda dari rumahnya ke stasiun kereta api terdekat, yaitu Stasiun Cilebut. Sayangnya, di stasiun tersebut tidak tersedia parkir khusus untuk sepeda.

"Setiap kali ke stasiun sulit untuk naruh sepeda, tidak ada parkir untuk sepeda, hanya mobil dan motor," ujarnya kepada detikHealth, Jumat (26/4/2019).



Bahkan di tempat parkir di luar stasiun pun tidak ada tempat untuk menyimpan sepedanya, padahal ia bukan satu-satunya pengguna kereta yang naik sepeda. Febi mengungkapkan bahwa sepedanya kerap diletakkan sembarang tempat.

"Parkir di stasiun mahal banget, sehari bisa Rp 8 ribu. Parkiran rumah lebih murah bisa Rp 5-3 ribu. Tapi kadang suka dibilang 'sono sono', paling nyempil-nyempil," lanjut Febi.

Karena tidak adanya fasilitas bagi pesepeda ini, akhirnya Febi membuat suatu petisi untuk PT KAI (Kereta Api Indonesia) untuk menyediakan lokasi parkir untuk sepeda bebas biaya di setiap stasiun kereta.

Dengan adanya hal ini, menurut Febi dapat meningkatkan minat pengguna kereta untuk menggunakan moda transportasi sepeda menuju stasiun. Selain itu juga bisa mengurangi kemacetan.

(wdw/up)
Topik Hangat Susahnya Parkir Sepeda
News Feed