Minggu, 28 Apr 2019 15:07 WIB

Viral Gambar Kelenjar Susu yang 'Menakutkan' Ternyata Tidak Akurat

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ilustrasi seorang ahli mengamati hasil scan payudara (Foto: iStock) Ilustrasi seorang ahli mengamati hasil scan payudara (Foto: iStock)
Jakarta - Sebuah ilustrasi yang disebut sebagai struktur kelenjar susu di payudara, viral di media sosial. Beberapa orang yang memiliki trypophobia (ketakutan pada benda dengan struktur berlubang-lubang) menganggapnya 'menakutkan'.

Gambar tersebut antara lain diviralkan oleh akun @lemonadead di Twitter. Unggahan tersebut hingga kini telah disebarkan lebih dari 46 ribu kali, dan mendapat lebih dari 141 ribu likes.

Sebuah artikel di Livescience menyebut gambar tersebut sebenarnya tidak akurat. Dalam kenyataan, struktur kelenjar susu tidak seperti yang digambarkan. Yang ditampilkan dalam gambar tersebut bahkan bukan kelenjar susu.

Unggahan ini viral karena membuat 'kelenjar susu' tampak menyeramkan.Unggahan ini viral karena membuat 'kelenjar susu' tampak menyeramkan. Foto: Screenshot Twitter




Artikel tersebut menegaskan bahwa gambar tersebut bukan foto melainkan gambar ilustrasi di sebuah aplikasi di iPad yang bernama Anatomy & Physiology. Dalam kenyataannya, kelenjar susu bukan hanya ada di area yang digambarkan mirip kelopak dalam gambar tersebut, melainkan ada di seluruh bagian payudara.

Lalu apa yang tampak seperti kelopak dalam gambar tersebut? Berbagai ilustrasi sejenis menyebut struktur mirip bunga itu adalah lobula, bagian yang memang terhubung dengan kelenjar dan puting susu.

Ada berbagai versi ilustrasi yang menggambarkan struktur payudaraAda berbagai versi ilustrasi yang menggambarkan struktur payudara Foto: iStock




Struktur lobula, dalam kenyataannya juga tidak serapi yang diilustrasikan. Jumlah dan ukurannya selalu berubah dan meningkat saat hamil dan menyusui.

Beberapa ilustrasi lain yang menggambarkan lobula dengan lebih realistis adalah sebagai berikut.

Dalam kenyataannya susunan lobula tidak serapi yang diilustrasikan.Dalam kenyataannya susunan lobula tidak serapi yang diilustrasikan. Foto: iStock


(up/up)