Minggu, 28 Apr 2019 20:13 WIB

Sulit Terlelap Tiap Menjelang Senin? Ternyata Ini Alasannya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Susah tidur tiap menjelang Senin bisa berdampak pada kesehatan (Foto: iStock) Susah tidur tiap menjelang Senin bisa berdampak pada kesehatan (Foto: iStock)
Jakarta - Akhir pekan hampir usai dan minggu Malam akan datang lagi. Saat ini kamu sudah bersiap-siap untuk tidur dan menyambut hari Senin, namun yang terjadi justru kamu tetap terjaga dan tak bisa memejamkan mata. Duh ada apa ya?

Sebuah survei yang dilakukan oleh penyedia panel online Toluna Omnibus mengungkapkan satu dari tiap empat orang memiliki kesulitan tidur pada Minggu malam. Studi lainnya menyatakan bahwa 60 persen karyawan mengaku mengalami tidur yang buruk pada hari Minggu dan sebanyak 80 persen melaporkan tidur lebih nyenyak di Jumat malam.

Apa alasan di baliknya? Ahli tidur Michael J Breus, PhD, menyebut kondisi ini sebagai 'jet lag sosial'. Kesulitan tidur di hari Minggu malam biasanya dipengaruhi jadwal akhir pekan, yang dipercayai para ahli karena perbedaan rutinitas dengan hari kerja bisa menyebabkan insomnia di Minggu malam.



"Ada beberapa alasan mengapa kamu sulit tidur di hari Minggu malam, yang paling krusial adalah stres. Tiap orang berjuang melawan stres dewasa ini tapi mengalami stres berlebihan bisa menimbulkan sejumlah dampak negatif pada tubuh. Jika kamu sedang mengalami stres berlebih soal minggu depan dan berusaha sedikit-sedikit mengatur jadwal dalam seminggu tersebut, bisa jadi itulah penyebabnya," tulis situs Times of India.

Alasan kedua adalah jumlah aktivitas mental maupun fisik yang kamu lakukan. Secara umum, saat akhir pekan aktivitas fisik dan mental berkurang ketimbang di hari kerja. Karena sebagian dari kita tidak bekerja di hari Minggu, tubuh tidak merasa lelah dan ketika saatnya tidur, justru melek.

Tidur molor di akhir pekan juga bisa jadi salah satu penyebabnya. Kamu menumpuk seluruh jam biologismu dengan tidur hingga siang hari saat akhir pekan. Kondisi ini mirip seperti jet lag yang dialami saat kamu bepergian ke daerah yang berbeda zona waktu.

Selain itu, konsumsi alkohol dan kafein yang berlebihan juga bisa merusak siklus tidurmu. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

1. Bangun tepat waktu seperti biasanya walau hari Minggu
2. Tetap aktif di pagi hari
3. Hindari makanan besar dan berat yang mengandung banyak kalori
4. Jika insomniamu disebabkan stres, cobalah mendengarkan lagu atau membaca buku sebelum tidur
5. Tulis atau ketik apapun yang membuatmu khawatir, hal ini dapat membantu mengosongkan pikiranmu

(frp/up)
News Feed