Senin, 29 Apr 2019 10:51 WIB

Kenapa Harus Menghindari Minum Kopi Saat Perut Kosong?

Ayunda Septiani - detikHealth
Minum kopi saat perut kosong bisa sebabkan gangguan pencernaan. (Foto: Istock) Minum kopi saat perut kosong bisa sebabkan gangguan pencernaan. (Foto: Istock)
Jakarta - Bagi sebagian orang, memulai harinya dengan secangkir kopi hangat adalah sebuah kenikmatan tersendiri. Minuman ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi punya risiko kesehatan bila diminum saat perut kosong.

Kenapa harus menghindari minum kopi saat perut kosong? Memang benar bahwa kopi memiliki banyak manfaat kesehatan. Tapi jika dikonsumsi saat perut kosong, kopi bisa meningkatkan produksi asam di perut yang dapat merusak lapisan lambung dan bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Ahli Nutrisi Klinis dari Apollo Hospital di India, Priyanka Rohtagi, mengatakan bahwa minum kopi hitam dalam kondisi perut kosong di pagi hari dapat memperburuk keasaman. Tetapi jika memiliki kopi yang mengandung gula dan susu ringan, mungkin tidak terlalu buruk. Pastikan juga untuk mengkonsumsinya dalam jumlah terbatas.



Dikutip dari Times of India, Rohtagi menyarankan bahwa jika menderita sakit mag, maka lebih baik menghindari kopi. Kamu bisa makan cemilian terlebih dahulu seperti makan biskuit atau roti.

Priyanka menyarankan bahwa jika kamu sedang hamil atau sedang menjalani pengobatan tertentu, maka cobalah untuk menghindari asupan kafein di pagi hari dengan cara apa pun.

Menurut penelitian, minum kopi di pagi hari bisa menurunkan produksi kadar kortisol, yang membuatkamu merasa lebih mengantuk. Kopi sebenarnya dapat menurunkan kadar kortisol, yang dapat menghambat ritme sirkadian yang membuat kamu merasa mengantuk.

Memang benar kopi membuat kamu berenergi dan membantu meningkatkan suasana hati, tetapi mengonsumsinya dengan perut kosong bukanlah ide yang baik. Tetapi jika kamu sudah terbiasa dan tidak merasakan efek buruk tidak apa. Cobalah untuk tetap hanya minum dua cangkir kopi dalam sehari ya.



Simak Juga 'Kopi Bisa Sembuhkan Flu, Hoax atau Fakta Ya?':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)