Senin, 29 Apr 2019 14:45 WIB

Arifin Ilham Siapkan Makam, Kesadaran akan Kematian Bantu Hidup Sehat

Rosmha Widiyani - detikHealth
Sadar akan kematian bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan (Foto: iStock) Sadar akan kematian bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan (Foto: iStock)
Jakarta - Dalam unggahan terbarunya di media sosial, Ustaz Arifin Ilham menggambarkan kesiapan menghadapi kematian. Ustaz yang masih menjalani perawatan di Malaysia tersebut mengatakan sudah menyiapkan makam, kain kafan, dan lokasi sholat jenazah.

Dikutip dari The Conversation, mereka yang sadar akan kematian ternyata punya keistimewaan sendiri. Mereka cenderung lebih bertanggung jawab dan menghargai yang dimiliki saat ini, misal kesehatan. Hidup lebih sehat membantu mereka menerapkan kontrol atas berbagai hal yang tidak bisa diprediksi.

Hal tersebut diketahui dalam survei terhadap 356 partisipan berusia 18-80 tahun, yang dipublikasikan dalam OMEGA - Journal of Death and Dying. Partisipan bisa mengekspresikan persetujuannya terhadap 89 pernyataan yang berkaitan dengan kehidupan dan kematian. Pernyataan tersebut antara lain "Saya tidak membiarkan ketakutan terhadap kematian mempengaruhi hidup," "Saya ingin diingat sebagai orang baik," dan "Saya takut mati sebelum tua."



Meski tidak disebutkan jumlahnya, beberapa responden menunjukkan respon yang positif terhadap pernyatan tersebut. Dengan hidup lebih sehat, responden berharap bisa meninggalkan sesuatu yang bermanfaat dan bernilai tinggi bagi pewarisnya. Responden memilih hidup lebih efektif, produktif, dan bertanggung jawab. Mereka menolak melakukan hal yang berisiko bagi kesehatan fisik dan mentalnya.

Responden berharap, peninggalan tersebut membantu keluarga yang ditinggalkan bila lekas bangkit dari rasa duka. Peninggalan, terlepas dari bentuknya, juga diharapkan membantu pewaris melanjutkan kehidupannya. Pemikiran ini membantu responden menghadapi kematian tanpa rasa takut, namun memilih memanfaatkan waktu yang ada dengan lebih efektif.

Respon berbeda ditunjukkan mereka yang memberi respon negatif pada penyataan tersebut. Hal ini umumnya ditunjukkan responden yang masih berusia muda atau berpendidikan rendah. Kendati sadar suatu hari akan meninggal, namun mereka cenderung acuh dengan segala persiapan yang diperlukan. Mereka masih menjalankan gaya hidup yang tidak bertanggung jawab dan jelas berisiko bagi kesehatan.




Lihat video saat Kesehatan Membaik, Ustaz Arifin Ilham Mulai Olahraga Pagi:

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed