Selasa, 30 Apr 2019 15:33 WIB

Tercatat Ada 3 Kasus, Kemenkes Tetapkan KLB Polio di Papua

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pemberian obat cacing untuk mencegah kaki gajah di Papua. (Foto: detikHealth/Khadijah Nur Azizah) Pemberian obat cacing untuk mencegah kaki gajah di Papua. (Foto: detikHealth/Khadijah Nur Azizah)
Jakarta - Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, Ditjen P2P Kementerian Kesehatan, Vensya Sitohang mengatakan telah terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit polio di Yahukimo, Papua.

"Tercatat ada 3 kasus polio, di mana satu di antaranya sudah mengalami lumpuh layu. Ditetapkan KLB (Kejadian Luar Biasa) kan karena kita sebenarnya sudah bebas," tuturnya kepada detikHealth, Selasa (30/4/2019).

Vensya mengatakan untuk menekan angka penularan, begitu didapatkan adanya kasus polio di Yahukimo, dilakukan Outbreak Response Immunisation (ORI) atau pemberian imunisasi kepada seluruh masyarakat yang diberikan selama dua minggu.



"Kemudian karena memang belum tercapai seperti yang kita harapkan, kita lanjut dengan subpin tapi hanya di Papua dan Papua Barat," tambahnya.

Capaian imunisasi polio yang diharapkan berkisar 95 persen. Namun masih terdapat 29 kabupaten dan kota di Papua yang capaian imunisasinya hanya sekitar 50 persen.

"Hambatannya lebih complicated. Di sana kita tahu juga TNI dan Polri menetapkan daerah merah, daerah abu-abu yang tentu jadi pertimbangan. Karena kita pun ada yang tidak boleh masuk. Ada juga masalah SDM, geografis," pungkasnya.

(kna/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya