Selasa, 30 Apr 2019 16:23 WIB

Mengenal Simethicone yang Bisa Redakan Maag

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Simethicone adalah kandungan obat yang bermanfaat untuk mengatasi gejala perut kembung yang disebabkan oleh produksi gas berlebih di dalam perut. Obat ini bekerja dengan mengurangi tekanan gas sehingga lebih mudah dikeluarkan dari dalam saluran pencernaan.

"Simethicone adalah bahan yang dapat membantu memecahkan gas dalam saluran cerna sehingga dapat mengurangi kembung," ujar Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi kepada detikHealth, Selasa (30/4/2019).


Bukan cuma itu, ternyata simethicone juga bisa membantu meredakan sakit maag karena biasanya saat maag ada pembentukan gas berlebih dalam saluran cerna.

"Pada penderita sakit maag biasanya ada pembentukan gas yang berlebihan dalam saluran cerna. Dengan minum simetichone, gas tersebut akan dikurangi sehingga kembungnya berkurang," lanjut dr. Helmin.


Selain itu, dr. Helmin mengatakan maag bisa dicegah dengan dengan mengenali pencetus sakitnya. Biasakan juga untuk makan teratur, hindari makanan dan minuman yang menyebabkan maag, serta lakukan manajemen stres dengan baik.

Namun saat maag terlanjur kambuh, atasi segera dengan mengonsumsi obat maag yang mengandung simethicone seperti Promag. Obat pereda sakit maag ini bekerja lebih cepat dan melindungi lambung lebih lama karena mengandung hydrotalcite. (mul/ega)