Rabu, 01 Mei 2019 06:36 WIB

9 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Fithria Pratiwi - detikHealth
9 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan/Foto: iStock 9 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan/Foto: iStock
Jakarta - Ada banyak manfaat kalau kamu mengonsumsi kacang hijau. Kacang hijau kaya akan serat dan rendah kalori sehingga banyak dijual sebagai makanan pengisi perut yang populer.

Kacang hijau termasuk tumbuhan jenis polong-polongan yang memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat yang bagus untuk kesehatan jika kamu mengonsumsi kacang hijau:



1. Baik Untuk Ibu Hamil dan Bayi

Kacang hijau memiliki kandungan folat yang baik untuk ibu hamil. Biji kacang hijau berkhasiat mencegah kelahiran prematur, keguguran, lahir dengan berat badan rendah, serta mencegah kerusakan saraf janin. Vitamin B yang dimiliki kacang hijau ini juga bagus untuk perkembangan otak bayi.

2. Untuk Kesuburan Reproduksi Pria dan Wanita

Kacang hijau mampu membantu menyehatkan, menstabilkan, dan memelihara proses reproduksi pria dan wanita. Zat besi yang dimiliki kacang hijau juga bagus untuk kesuburan reproduksi. Kacang hijau juga memiliki kandungan omega yang berperan dalam kestabilan hormon pada pria dan wanita. Hal ini dapat memicu mendapatkan keturunan.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan

Dengan mengonsumsi kacang hijau membuat seseorang merasa mudah kenyang sehingga bagus untuk diet. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung kadar protein dan serat yang tinggi.



4. Mencerahkan Kulit

Kacang hijau juga bisa digunakan untuk kecantikan. Kandungan kolagen yang dimiliki kacang hijau dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit. Selain itu kacang hijau juga berkhasiat untuk menunda penuaan pada kulit.

5. Mencegah Kanker

Senyawa yang dimiliki kacang hijau dipercaya mampu menangkal virus kanker. Kacang hijau baik untuk perempuan karena dapat mencegah kanker payudara. Kandungan klorofil pada kacang hijau mampu memusnahkan efek karsiogenik yang merupakan salah satu pemicu kanker.

6. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kacang hijau dapat menjaga kesehatan tulang. Kandungan magnesium pada kacang hijau dipercaya dapat menurunkan risiko osteoporosis pascamenopouse pada wanita. Kacang hijau dapat meningkatkan kepadatan tulang dan pembentukan sel-sel tulang.

7. Memperlancar Pencernaan

Kacang hijau yang kaya akan serat, sangat bagus untuk proses pencernaan. Selain itu, kacang hijau juga bagus untuk pembersihan racun dalam tubuh.

8. Mencegah Anemia

Anemia disebabkan karena kekurangan darah merah. Kandungan zat besi yang terdapat pada kacang hijau bagus untuk mencegah anemia. Kacang hijau merupakan kandungan zat besi tertinggi dari kacangan-kacangan jenis lainnya.

9. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung dapat dengan mengonsumsi kacang hijau. Kacang ini mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu kacang hijau juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Kacang hijau biasanya sering dibikin menjadi bubur atau digunakan sebagai isian makanan seperti onde-onde dan bakpau. Dengan banyaknya manfaat yang didapatkan dengan mengonsumsi kacang hijau, tidak ada salahnya kamu rajin mengonsumsinya. Kamu bisa menjadikan bubur kacang hijau sebagai menu sarapanmu. Selamat mencoba!


9 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan
(nwy/up)
News Feed