Rabu, 01 Mei 2019 07:16 WIB

Alasan Kenapa Bangun Sebelum Jam 6 Pagi Itu Paling Menyehatkan

Ayunda Septiani - detikHealth
Bangun tidur sebelum jam 6 pagi punya banyak manfaat. Foto: Freepik Bangun tidur sebelum jam 6 pagi punya banyak manfaat. Foto: Freepik
Jakarta - Membiasakan bangun pagi memang tidak mudah. Bukan hanya mengantuk karena merasa tidurnya belum cukup, tapi juga hawa dingin yang terkadang menggoda untuk berlama-lama di tempat tidur.

Padahal ada banyak manfaat ketika seseorang bisa bangun pagi. Dikutip dari Times Of India, ada 5 alasan kenapa bangun sebelum jam 6 itu memberikan manfaat bagi kita.



1. Membuat tujuan harimu
Banyak orang yang tidak mencapai tujuan mereka karena kurangnya fokus. Tapi, dengan melakukan perencanaan tujuan pada pagi hari, maka tujuan-tujuan itu akan tetap segar di pikiranmu. Misalnya, mengerjakan 2 tugas kuliah hari ini ataupun menyicil tugas kantor.

Selain menentukan tujuan, di pagi hari kamu punya waktu untuk meninjau perkembangan tujuan di hari kemarin. Apakah sudah tercapai seluruhnya?

2. Membuat jadwal
Biasanya, seekor burung akan menciptakan waktu khusus untuk menentukan harinya. Dengan rencana yang tepat, kamu akan jauh lebih efisien dan produktif dengan waktumu. Sekarang kamu sudah tahu tujuanmu, jadi kamu bisa mulai merencanakan jadwal untuk mencapai tujuanmu. Misalnya, dari jam sekian hingga sekian kamu akan berfokus pada satu pekerjaan.

3. Sempat untuk berolahraga
Alasan nomor satu tidak berolahraga adalah kurangnya waktu karena sibuknya pekerjaan. Bangun sebelum jam 6 pagi memungkinkan kamu untuk pergi ke gym lho, berlari pagi atau melakukan senam sebelum memulai hari kerja.

Belum lagi, tubuh akan melepaskan zat kimia yang disebut endorfin, yang memicu perasaan positif di seluruh tubuhmu. Olahraga akan memberimu energi yang dibutuhkan dalam menjalani hari.

4. Sempat untuk sarapan
Pasti kamu pernah mendengar kalau sarapan adalah makan yang paling penting di hari itu. Jika kamu bangun pagi-pagi, kamu tidak akan kelewatan.

Sebuah studi oleh John Hopkins Bloomberg School of Public Health, menunjukkan bahwa sarapan meningkatkan kesehatanmu secara keseluruhan. Sama seperti sebuah mobil membutuhkan bensin untuk jalan, tubuhmu membutuhkan makanan untuk berfungsi dengan benar, terutama di pagi hari.

5. Orang sukses bangun jam 6 pagi
Dalam sebuah artikel dengan New York Magazine, Jack Dorsey, pendiri Twitter, mengatakan bahwa dia memulai harinya pada jam 5.30. Dorsey menggunakan pagi hari untuk kegiatan seperti meditasi dan jogging.

Tim Cook, CEO Apple, terkenal dengan sering mengirimkan email perusahaan pada pukul 4.30 di pagi hari. Terakhir, Richard Branson, pendiri Virgin Group, mengatakan ia bangun sekitar jam 5.45 untuk berolahraga dan sarapan pagi sebelum bekerja.

Jadi, masih malas nih bangun pagi?




Alasan Kenapa Bangun Sebelum Jam 6 Pagi Itu Paling Menyehatkan
(up/up)