Kamis, 02 Mei 2019 06:56 WIB

Waduh! Peneliti Temukan Jejak Kokain pada Udang Air Tawar

Firdaus Anwar - detikHealth
Cemaran kokain ditemukan pada seekor udang (Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo/detikcom) Cemaran kokain ditemukan pada seekor udang (Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta - Pencemaran zat kimia dari obat-obatan di sumber air tawar tampaknya semakin jadi perhatian serius. Peneliti dari King's College London dan University of Suffolk menemukan ada jejak kokain pada udang air tawar.

Peneliti menyebut sampel udang diambil dari 15 tempat di Inggris. Hasilnya ditemukan semua sampel udang positif mengandung narkoba kokain dengan beberapa bahkan juga terkonfirmasi mengandung ketamin.


Udang ini mengandung cemaran kokain.Udang ini mengandung cemaran kokain. Foto: BBC


Salah satu peneliti, Professor Nic Bury, mengaku butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah cemaran narkoba pada udang ini hanya terjadi lokal, nasional, atau malah sampai internasional. Dampaknya juga belum diketahui pasti namun menurut peneliti kemungkinan kandungan narkoba tersebut tidak akan terlalu berpengaruh pada hewan.

"Apakah cemaran kokain pada hewan air ini hanya ada di Suffolk, Inggris, atau luar negeri perlu penelitian lebih lanjut," kata Prof Nic seperti dikutip dari BBC, Kamis (2/5/2019).

Selain narkoba, jejak pestisida dan obatan-obatan lain juga ditemukan pada udang dengan nama ilmiah gammarus pulex.


Waduh! Peneliti Temukan Jejak Kokain pada Udang Air Tawar
(fds/up)
News Feed