Kamis, 02 Mei 2019 09:17 WIB

Sebugar Iker Casillas Serangan Jantung? Dokter: Tak Terlalu Mengagetkan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Iker Casillas mengalami serangan jantung di usia muda (Foto: REUTERS/Stefano Rellandini) Iker Casillas mengalami serangan jantung di usia muda (Foto: REUTERS/Stefano Rellandini)
Jakarta - Iker Casillas, eks kiper Real Madrid, kena serangan jantung di usia 37 tahun. Selain masih sangat muda, sebagai atlet profesional tentunya Casillas punya kebugaran fisik yang sangat terjaga. Kok bisa ya kena serangan jantung?

"Tidak terlalu mengagetkan kalau orang usia 30-an menderita serangan jantung," kata dr Vito Damay, SpJP, seorang dokter jantung yang berpraktik di RS Siloam Karawaci.

Menurut dr Vito, kemajuan teknologi pada masa kini memberi banyak kemudahan yang akhirnya membuat seseorang jadi makin jarang bergerak. Karenanya, gaya hidup cenderung makin tidak sehat.



Itu berlaku pada orang kebanyakan. Sedangkan Casillas, yang adalah atlet profesional, seharusnya sangat rutin berolahraga dan makan pun tentu sangat teratur. Walau begitu, menurut dr Vito bukan jaminan bebas dari serangan jantung. Ada banyak faktor lain yang berpengaruh, misalnya genetik.

"Bila ayah atau ibu kandung pernah mengalami serangan jantung di usia muda, maka anak kandung juga punya kecenderungan atau 'bakat' untuk mengalami hal yang sama," jelas dr Vito.

Apakah sudah pasti kena? Belum tentu, karena genetika bukan satu-satunya faktor. Menurut dr Vito, pengaruh faktor genetik antara lain bisa diantisipasi dengan gaya hidup yang lebih sehat, tidak merokok, dan menjaga kadar kolesterol agar tidak berlebih.



Tonton juga video Menepuk Lengan Kiri Dapat Atasi Jantung, Hoax atau Tidak?:

[Gambas:Video 20detik]


Sebugar Iker Casillas Serangan Jantung? Dokter: Tak Terlalu Mengagetkan
(up/kna)
News Feed