Kamis, 02 Mei 2019 13:01 WIB

Bugar Tapi Serangan Jantung di Usia Muda, Adjie Massaid hingga Iker Casillas

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Bugar tapi terkena serangan jantung bisa jadi peringatan bahwa siapa saja bisa terkena masalah tersebut. Foto: Paolo Bruno/Getty Images Bugar tapi terkena serangan jantung bisa jadi peringatan bahwa siapa saja bisa terkena masalah tersebut. Foto: Paolo Bruno/Getty Images
Jakarta - Pemain sepakbola Iker Casillas dilarikan ke rumah sakit karena mengalami serangan jantung. Ini terjadi ketika ia sedang mengikuti sesi latihan pada Rabu (1/5).

"Casillas menderita infark miokardium (serangan jantung) akut selama sesi pelatihan Rabu pagi yang diadakan di pusat pelatihan Porto Gaia di Olival," tulis pernyataan klub, dikutip dari BBC.

Meski berusia muda dan tampil bugar, ternyata serangan jantung dan masalah kesehatan terkait jantung lainnya bisa dialami oleh siapa saja. Dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa tokoh yang mengalami masalah jantung hingga meninggal dunia meski biasa hidup sehat.


1. Adjie Massaid

Duka masih saja berselimut sejak kepergian aktor dan politisi Adjie Massaid. Sosok yang dikenal ramah senyum ini meninggal dunia karena terkena serangan jantung pada 5 Februari tahun 2011 silam. Suami dari Angelina Sondakh ini mengembuskan napas terakhirnya di RS Fatmawati, Jakarta Selatan.

Tersiar kabar bahwa Adjie meninggal setelah bermain futsal. Hal ini cukup menghebohkan mengingat semasa hidupnya Adjie dikenal sebagai pribadi yang memiliki gaya hidup sehat dan rutin berolahraga.

"(Penyebab-- red) kena serangan jantung. Sempat mengeluh sakit jantung sebelum meninggal," ujar Sekretaris Partai Demokrat Saan Mustopa kepada detikhot, Sabtu (5/2/2011).

2. Eri Irianto

Legenda sepak bola, Eri Irianto saat itu tampil memperkuat Persebaya Surabaya melawan PSIM Yogayakarta di Gelora 10 November. Ia meninggal dunia karena serangan jantung setelah mengalami benturan dengan pemain PSIM Yogyakarta asal Gabon, Samson Noujine Kinga, di tengah pertandingan antara kedua kubu, di Gelora 10 November, Surabaya, 3 April 2000.

Eri kemudian dibawa ke Rumah Sakit Dokter Soetomo. Untuk menghormati jasa dan kenangan indah bersama Eri, Persebaya pun mempensiunkan nomor punggung 19 miliknya.


3. Antonio Puerta

Pemain Sevilla, Antonio Puerta, tak sadarkan diri saat bertanding melawan Getafe dalam lanjutan Liga Spanyol. Dikabarkan, ia beberapa kali mengalami penghentian kerja jantung atau cardiac arrest.

Pemain internasional Spanyol itu berpulang pada usianya yang masuk 22 tahun di rumah sakit Virgen del Rocio di Seville.

"Kami menyesal melaporkan bahwa pasien Antonio Puerta meninggal pada 1430 (3:30 waktu Inggris) hari ini. Kematian itu disebabkan oleh postanoxic encephalopathy dan beberapa kegagalan organ-organnya disebabkan oleh serangan jantung yang berkepanjangan yang memicu masuknya ke rumah sakit," jelas rumah sakit itu dalam sebuah pernyataan.

4. Zeke Upshaw

Di usia yang terbilang muda, Upshaw mengehmbuskan napas terakhirnya. Kabar duka ini tersiar pada 26 Maret 2018. Berdasarkan autopsi yang dilakukan pada tubuh Zeke Upshaw, pemain NBA G League, menunjukkan bahwa ia meninggal karena henti jantung mendadak dan memiliki kelainan jantung menurut Grand Rapids, Mich., pemeriksa medis.

"Kami melakukan autopsi. Saya berpendapat bahwa ini adalah henti jantung," Dr Stephen Cohle, pemeriksa medis untuk Kent County, Mich., menjelaskan kepada WOOD-TV.



Tonton video Kemenangan Barca dan Doa Messi untuk Iker Casillas:

[Gambas:Video 20detik]


Bugar Tapi Serangan Jantung di Usia Muda, Adjie Massaid hingga Iker Casillas
(ask/up)