Kamis, 02 Mei 2019 16:11 WIB

Wanita Ini Dicurigai Tulari Campak Saat Tonton Avengers: Endgame

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi vaksin untuk campak. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi vaksin untuk campak. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Orange County di selatan California meluncurkan peringatan penularan campak usai seorang wanita yang mengidapnya menonton bioskop. Saat itu, wanita berusia 20 tahun ini belum mengetahui akan penyakitnya tersebut.

Dilaporkan oleh LA Times, wanita ini disebut sudah bekerja selama beberapa hari usai perjalanannya ke luar negeri. Kemudian ia juga dilaporkan menonton film Avengers: Endgame di bioskop sebelum akhirnya gejala-gejalanya muncul dan terdiagnosis campak.

Hingga kini belum jelas apakah wanita tersebut telah mendapatkan vaksin. Ia jadi kasus campak pertama di daerah tersebut dan pihak berwajib mengumumkan wabah penyakit ini di Orange County minggu lalu.


"Campak sangat menular dan penyakit yang berpotensi serius. (Campak) menyebabkan demam, ruam, batuk dan mata merah serta berair. Vaksin MMR sangat simpel, murah dan metode paling efektif untuk mencegah penyebaran virus yang serius ini," kata Dr Nichole Quick, petugas pelaksana kesehatan Orange County, dalam sebuah pernyataan.

Campak menyebar lewat batuk dan bersin, namun virus ini dapat berada di udara selama dua jam setelah orang yang sakit meninggalkan ruangan tersebut dan masih menular. Pasien dapat menyebarkan campak selama empat hari sebelum mereka sendiri mengalami ruam-ruam.

Campak di Amerika Serikat sedang meningkat tajam dalam dua dekade terakhir, biasanya disebabkan oleh orang yang sedang bepergian ke daerah rawan campak. Pihak berwajib di Orange County juga mengimbau beberapa lokasi dan tempat publik untuk memonitor riwayat vaksinasi dan jika ada gejala campak pada pegawai dan pengunjungnya.

(frp/up)