Jumat, 03 Mei 2019 07:31 WIB

Bisakah Kurangi Lemak Hanya di Area Perut Saja?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Menghilangkan lemak nggak cukup di perut saja. (Foto: iStock) Menghilangkan lemak nggak cukup di perut saja. (Foto: iStock)
Jakarta - Timbunan lemak yang dimiliki seseorang berbeda-beda tempatnya, bisa di lengan atas atau yang paling sering... perut. Berbagai gerakan atau latihan kerap ditujukan untuk spot di mana lemak paling banyak bersarang, misalnya perut dengan plank atau sit up.

Ternyata dalam kebanyakan kasus, penurunan berat badan yang terfokus dengan titik semacam ini tidak cukup dilakukan. Satu studi dalam Journal of Strength and Conditioning Research menemukan bahwa latihan intensif selama enam minggu tidak melakukan apa pun untuk melangsingkan tubuh bagian tengah para olahragawan.

Apalagi perlu jadi catatan nih, lemak di area perut termasuk yang agak susah untuk dihilangkan.

"Beberapa timbunan lemak lebih aktif secara metabolik daripada yang lain, dan yang mungkin lebih responsif terhadap intervensi olahraga," kata Arthur Weltman, seorang profesor kedokteran dan ketua departemen kinesiologi di University of Virginia. "Lemak perut khususnya adalah salah satu lemak yang paling aktif secara metabolisme."



Dikutip dari Health, saat berolahraga, olahraga memicu pelepasan hormon. Semakin tinggi intensitas olahraga, semakin banyak hormon yang dipompa oleh tubuh, dan semakin banyak lemak yang aktif secara metabolik yang hilang. Beberapa penelitian Weltman menunjukkan pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT), khususnya, dapat melangsingkan bagian tengah tubuh.

Bila kamu memiliki lemak yang tersimpan di lengan dan dada, banyak lemak yang aktif secara metabolik, sehingga kemungkinan akan merespons perubahan olahraga dan diet. Kabar buruknya adalah lemak ekstra di wilayah perut dikaitkan dengan risiko lebih besar untuk diabetes, penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.

Di sisi lain, lemak berlebih di pinggul, pantat dan paha, merupakan lemak yang itu tidak aktif secara metabolik. Kamu pun memiliki risiko lebih rendah untuk banyak penyakit, "tetapi lemak itu sangat sulit untuk dikurangi," tambahnya.

Terus olahraga apa dong yang pas untuk menarget bagian perut buncit? Satu studi membandingkan latihan kekuatan dengan latihan aerobik dalam hal pengurangan lemak di berbagai bagian tubuh dan menemukan latihan aerobik seperti berlari, berenang, bersepeda menyebabkan hilangnya lemak seluruh tubuh yang lebih besar, pelatihan resistensi menargetkan lemak perut secara khusus.

Jadi kesimpulannya, sit up saja tidak cukup. Kalau kamu mencoba menghilangkan lemak di sekitar perut, campurkan latihan ketahanan dan latihan aerobik intensitas tinggi, bersama dengan diet sehat.

(ask/kna)
News Feed