Jumat, 03 Mei 2019 14:10 WIB

Tertawa Terlalu Keras, Charlize Theron Alami Cedera Leher

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Charlize Theron. Foto: Getty Images Charlize Theron. Foto: Getty Images
Jakarta - Aktris Hollywood Charlize Theron dilarikan ke rumah sakit usai alami cedera leher karena tertawa terlalu keras. Ia tertawa saat menonton film komedi Borat keluaran tahun 2006, jelasnya dalam sebuah wawancara dalam talkshow Late Night with Seth Meyers.

Dikutip dari People, bintang cantik berusia 43 tahun tersebut harus dirawat selama 5 hari karena mengalami hernia di tulang lehernya. Hernia atau herniated disc merupakan kondisi di mana bantalan lunak yang berada di antara ruas tulang belakang mencuat keluar dan menekan saraf di sekitarnya.

"Beberapa dari kami menonton (film itu), separuh jalan aku tertawa sangat keras hingga leherku terasa tegang. Dan kemudian ambulans membawaku ke rumah sakit dan aku berada di sana selama lima hari," katanya.


Situs Web MD menyatakan belum jelas apa yang menyebabkan bantalan lunak tersebut bisa mencuat keluar atau rusak. Beberapa faktor risiko yang sudah diketahui adalah usia (semakin tua semakin berisiko), riwayat keluarga, gerakan mendadak, atau mengangkat beban berat.

Gejala yang bisa muncul saat hernia terjadi adalah nyeri leher, karena bantalan tersebut menekan akar saraf di leher. Kemudian mati rasa atau kesemutan yang terjadi di leher atau lengan yang bisa menjalar ke jari, kemudian tangan atau lengan terasa lemas.

Jika hernia terjadi di tulang punggung, gejalanya bisa semakin serius. Seperti jalan sempoyongan, kesulitan jalan, kesemutan di kaki, rasa kejut yang muncul mendadak, kesulitan menggunakan tangan dan lengan untuk gerakan motorik halus, serta menurunnya koordinasi. Umumnya dibutuhkan operasi bedah untuk menanganinya.

(frp/up)