Jumat, 03 Mei 2019 16:45 WIB

Duh! Indonesia Peringkat Kedua Negara Paling Banyak Buang Makanan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Indonesia disebut termasuk banyak menghasilkan sampah sisa makanan yang terbuang. (Foto: iStock) Indonesia disebut termasuk banyak menghasilkan sampah sisa makanan yang terbuang. (Foto: iStock)
Jakarta - Kita sangat bangga pastinya jika Indonesia mendapatkan prestasi di dunia. Tapi bagaimana bila Indonesia menjadi peringkat kedua negara paling banyak membuang makanan? Duh, ini bukan prestasi namanya.

Berdasarkan Food Sustainability Index 2017 yang dirilis The Economist Intelligence Unit (EIU), Indonesia menempati urutan kedua terbawah atau lebih baik satu tingkat dari Arab Saudi untuk kategori limbah makanan yang terbuang (Food Loss and Waste).

Terutama datangnya bukan Ramadan yang tinggal hitungan hari juga berpartisipasi dalam meningkatkan pembuangan makanan setiap harinya. Hal ini dibuktikan oleh data dari Dinas Kebersihan DKI Jakarta pada tahun 2016 yang menemukan adanya peningkatan volume sampah sebesar 10 persen hanya pada 10 hari pertama bulan Ramadan.


Menurut Ketua PERGIZI Pangan Indonesia Prof dr Hardinsyah, MS, PhD, banyaknya pembuangan makanan di Indonesia disebabkan perilaku masyarakat yang tidak makan secara bijak. Teutana saat berbuka puasa yang kalap mengonsumsi berbagai macam makanan.

"Makan bijak itu lebih dari sekedar makan sehat, karena mempertimbangkan kalau saya sih makan berlebihan buat ini orang (lain) akan kesulitan (makan), akan merusak lingkungan juga," ujarnya saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (3/5/2019).

Prof Hardin menegaskan bahwa makan bijak sesuai dengan kebutuhan tubuh, tidak terlalu berlebihan. Menurutnya, makan makanan berlebihan bisa mengurangi kesempatan orang lain untuk mendapatkan makanannya.

Selain itu, makan berlebihan juga tidak baik bagi tubuh dikaitkan dengan tren obesitas. Obesitas sendiri bisa memicu berbagai penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung dan stroke.

"Tubuh sehat ditentukan salah satunya dengan perut yang sehat. Apa yang dimasukkan di sini akan menentukan ke depannya," tandasnya.

(wdw/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya