Jumat, 03 Mei 2019 18:32 WIB

Daun Sirih untuk Atasi Keputihan, Dibasuh atau Diminum?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Keputihan bisa diredakan dengan minum atau membasuh daun sirih ya? Foto: ilustrasi/thinkstock Keputihan bisa diredakan dengan minum atau membasuh daun sirih ya? Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Air rebusan daun sirih dipercaya bisa mengatasi keputihan. Dari jaman ke jaman, resep ini masih terus digunakan oleh sebagian besar orang. Tapi apakah benar begitu?

"Orang dulu itu minum rebusan daun sirih, manfaatnya betul-betul bisa mengurangi risiko pertumbuhan, jamur, virus, dan bakteri," ujar dr Grace Hananta C, Ht, dokter holistik saat ditemui di Jakarta Barat, Jumat (3/5/2019).

Lantas, bagaimana cara terbaik memanfaatkan ekstra daun sirih ini? Diminum atau membasuhnya saja sudah cukup membantu? Dokter dengan akun Instagram @dr.gracehan ini menuturkan bisa dengan kedua cara tersebut.


"Sebetulnya ada banyak cara sih, kalau kita lihat orang zaman dulu mereka kan dikunyah, mereka diminum rebusannya. Bahkan ibu saya sampai sekarang pun masih suka dibuatin nih kalau mau haid karena di efeknya mengeringkan organ kewanitaan kita," ujar dr Grace.

"Yang biasanya kita aktivitas tinggi, lembap, jadi tidak mudah terkena keputihan. Kalau misalnya dibasuh juga bagus, karena dia kan ada antibakterinya," tandasnya.

(ask/up)
News Feed