Jumat, 03 Mei 2019 19:31 WIB

Hai Ladies, Catat Nih Kebiasaan yang Bikin Keputihan Lebih Bau

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Keputihan makin bau? Foto: thinkstock Keputihan makin bau? Foto: thinkstock
Jakarta - Menjelang menstruasi, para wanita sering dihadapkan masalah keputihan. Keputihan sendiri sudah bikin tidak nyaman, apalagi kalau yang disertai bau yang tidak sedap.

Ditemui di kawasan Puri Indah Jakarta Barat, Jumat (3/5/2019), dr Grace Hananta C, Ht, dokter holistik menjelaskan ada beberapa kebiasaan yang bisa berdampak pada bau keputihan yang menyengat. Pertama ada terlalu banyak konsumsi makanan atau minum manis.

"Biasanya yang manis-manis karena yang manis-manis akan juga membuat area kewanitaan kita juga akan rentan terhadap tumbuhnya bakteri, karena yang kita tahu gula-gulaan atau glukosa adalah sumber makanan jamur, bakteri dan juga virus," jelas dr Grace.


"Nah kalau kita sering makan manis akan lebih mudah terjadi gatel, kemudian baunya jadi nggak sedap. Begitu juga junk food," lanjutnya.

Selain manis-manis dan juga junk food, dr Grace juga mengingatkan konsumsi makanan atau minuman kemasan instan secara terus menerus juga akan mengganggu pH area kewanitaan. Selain lebih bau, keputihan juga lebih mudah terbentuk karena kebiasaan tersebut.

"Clean eating itu membuat aroma tubuh kita biasa aja, nggak ada bau-bau yang mengganggu," pungkasnya.



(ask/up)