Sabtu, 04 Mei 2019 08:15 WIB

BAB Lebih Banyak dari Biasanya? Ini 5 Kemungkinan Penyebabnya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Berapa banyak kira-kira kita dalam seminggu buang air besar? (Foto: ilustrasi/thinkstock) Berapa banyak kira-kira kita dalam seminggu buang air besar? (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Tidak ada ukuran pasti tentang berapa banyak volume BAB (Buang Air Besar) tiap hari. Sebuah data menyebut, bila ditotal dalam setahun seseorang bisa menghasilkan rata-rata 145 kg tinja atau kurang lebih seukuran panda dewasa.


Per hari, diperkirakan seseorang menghasilkan 400-500 gram tinja. Volume ini dipengaruhi oleh sangat banyak faktor, termasuk asupan nutrisi dan sistem metabolisme.

Nah bila suatu ketika mengalami BAB dengan volume tinja lebih banyak dari biasanya, maka ada beberapa kemungkinan penyebab seperti dikutip dari Womenshealthmag berikut:

1. Tandanya lebih sehat
Rudy Bedfodr, seorang ahli pencernaan di California menyebut asupan fiber atau serat adalah penyebab paling umum ketika seseorang BAB lebih banyak dari biasanya. Artinya, seseorang sedang lebih banyak makan sayur dan buah.

2. Ada infeksi
BAB yang lebih banyak juga bisa berarti diare. Salah satu penyebab diare adalah infeksi baik virus maupun bakteri.


3. Sedang rajin olahraga
Kontraksi otot saat olahraga menyebabkan usus tertekan, sehingga pergerakan mendorong tinja jadi lebih intens. Itu sebabnya dokter menyarankan untuk rajin olahraga bila tidak ingin mengalami sembelit atau konstipasi.

4. Stres
Pada sebagian orang, stres adalah pemicu rangsang BAB. Makin sering stres, usus jadi lebih aktif mendorong kotoran sisa metabolisme.

5. Menstruasi
Pengaruh hormon saat menstruasi juga berdampak pada sistem metabolisme. Beberapa perempuan mengalami BAB yang lebih sering, dan lebih banyak saat datang bulan.


BAB Lebih Banyak dari Biasanya? Ini 5 Kemungkinan Penyebabnya
(up/fds)