Sabtu, 04 Mei 2019 18:15 WIB

Gara-gara Kista, Mr P Pria Ini Menggelembung Nyaris Seperti Balon

Firdaus Anwar - detikHealth
Seorang pria berusia 30 tahun di Karnataka, India, harus menjalani operasi setelah kista menyebabkan penisnya membengkak hingga nyaris seperti balon. Foto: iStock Seorang pria berusia 30 tahun di Karnataka, India, harus menjalani operasi setelah kista menyebabkan penisnya membengkak hingga nyaris seperti balon. Foto: iStock
Jakarta - Laporan terbaru dalam jurnal Medical Case Reports melihat ada seorang pria 30 tahun di Karnataka, India, harus menjalani operasi karena penisnya membengkak hingga nyaris seperti balon. Menurut dokter hal ini terjadi karena kista yang sudah tiga tahun tumbuh di penis.

Dokter di Rumah Sakit (RS) Justice K S Hedge Charitable menyebut ada dua kista epidermoid di penis sang pria. Kista yang paling besar dideskripsikan memiliki dimensi ukuran 3,5 cm x 2,5 cm x 1,5 cm.


Kista epidermoid sendiri adalah kista yang terbentuk di bawah kulit biasanya karena penumpukan cairan. Sang pria juga diketahui memiliki kondisi phimosis di mana kulup penis begitu ketat sehingga tidak bisa ditarik.

"Meskipun kista epidermoid hal yang biasa menyebabkan kulit bengkak, kista ini jarang muncul pada penis," kata dokter seperti dikutip dari jurnal pada Sabtu (4/5/2019).

Setelang sang pria diberi anestesi spinal, dokter melakukan prosedur sunat dan mengangkat dua kista tersebut. Operasi hingga proses penyembuhannya berjalan dengan lancar.

"Pembengkakan itu diangkat seluruhnya dan dilakukan sunat," kata tim dokter.


Gara-gara Kista, Mr P Pria Ini Menggelembung Nyaris Seperti Balon
(fds/ask)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya