Minggu, 05 Mei 2019 07:10 WIB

5 Tips Melancarkan BAB di Pagi Hari

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ilustrasi BAB. Foto: thinkstock Ilustrasi BAB. Foto: thinkstock
Jakarta - Pagi hari disebut-sebut sebagai waktu paling ideal untuk Buang Air Besar (BAB). Namun sayangnya, ada berbagai masalah kesehatan yang membuatnya tidak selalu lancar.

Tentunya, setiap masalah pasti ada solusinya. Termasuk BAB tidak lancar di pagi hari, selalu ada cara untuk mengatasinya.



Ada banyak cara yang bisa dilakukan, di antaranya seperti dikutip dari Bustle.

1. Minum air putih
Fiber atau serat adalah kunci utama dalam melancarkan BAB, karenanya sangat dianjurkan untuk makan sayur dan buah-buahan. Tetapi jangan lupa, minum air yang banyak juga akan membantu memperbaiki konsistensi buang air besar.

2. Jongkok
Sebuah penelitian tahun 2012 menyebut posisi paling natural untuk buang air besar adalah jongkok. Jadi apabila gagal melakukannya dengan toilet duduk, tidak ada salahnya mencoba cara lama: jongkok di toilet yang sesuai.

3. Olahraga
Pergerakan tubuh yang terjadi saat berolahraga berdampak juga pada pergerakan usus. Pergerakan usus yang aktif akan membuat BAB lebih lancar dan teratur.




4. Air hangat dengan lemon
Seorang ahli pencernaan, Dr Felice Schnoll-Sussman menyebut campuran air hangat dengan perasan lemon bermanfaat untuk sistem metabolisme. Salah satunya membuat BAB jadi lebih lancar.

5. Minum kopi atau teh
Kafein memiliki efek sebagai stimulansia, yakni merangsang kerja otot-otot tubuh. Tidak terkecuali yang dibutuhkan untuk BAB. Bagaimana jika tidak suka kopi? Menurut penelitian, minum teh peppermint juga memberikan efek serupa.



Sudah Rajin Makan Serat, Kenapa Masih Sulit BAB?:

[Gambas:Video 20detik]

5 Tips Melancarkan BAB di Pagi Hari
(up/up)
News Feed