Minggu, 05 Mei 2019 09:11 WIB

Cara Menikmati Weekend Sehat Jelang Ramadhan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi menghabiskan akhir pekan bersama teman, Foto: thinkstock Ilustrasi menghabiskan akhir pekan bersama teman, Foto: thinkstock
Jakarta - Beberapa orang menikmati akhir pekan biasanya dengan menghabiskan waktu di luar rumah dan mengonsumsi makanan cepat saji.

Menjelang bulan Ramadhan, sebaiknya jadikan weekend kali ini bermakna untuk menunjang kesehatan selama sebulan penuh berpuasa nantinya. Nggak mau kan di tengah-tengah puasa justru tubuh tidak bisa diajak kompromi.

Dikutip dari beberapa sumber, begini cara menikmati weekend menjelang berpuasa agar tetap sehat.

1. Banyak minum

Menjaga hidrasi tubuh sangat penting, apalagi saat bulan Ramadhan menjadi keharusan untuk memenuhi kebutuhan air 8 gelas per hari. Nah, di akhir pekan ini tubuh harus cukup juga menerima kebutuhan air sehingga tidak 'kaget' saat berpuasa nanti.



2. Makan sebelum pergi

Ada sebagian orang yang tetap menikmati akhir pekan menjelang Ramadhan ini dengan hangout bersama teman-teman. Sebaiknya makan dulu ya sebelum berangkat.

Dengan cara ini membuatmu tidak mudah kelaparan, sehingga saat memesan makanan bersama teman-teman, kamu tidak memesan makanan yang terlalu berat dan terlihat kalap. Selain membantu pola makan lebih baik juga bisa membantu berhemat bukan.

3. Perbanyak jalan kaki

Puasa jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Cobalah memperbanyak jalan kaki saat weekend ini untuk menambah waktu aktivitas fisik. Selain membuat tubuh lebih fresh, berjalan kaki juga membantu menjaga kesehatan jantung.

4. Rencanakan olahragamu

Bulan puasa bisa dijadikan momen untuk mulai berolahraga. Cobalah membuat rencana kegiatan olahragamu selama satu bulan, mulai dari waktu hingga jenis olahraga apa yang ingin kamu lakukan. Tetap bugar selama berpuasa ya.

puasa


Saksikan juga video 'Stop Lemas, Olahraga Juga Bisa Dilakukan Kok Saat Puasa':

[Gambas:Video 20detik]


Cara Menikmati Weekend Sehat Jelang Ramadhan


(wdw/up)