Minggu, 05 Mei 2019 10:02 WIB

Pria Juga Rumpi, Habiskan 52 Menit per Hari untuk Gosip!

Widiya Wiyanti - detikHealth
Studi sebut pria juga suka bergosip. Foto: Thinkstock Studi sebut pria juga suka bergosip. Foto: Thinkstock
Jakarta - Bergosip atau membicarakan orang lain menjadi suatu hal yang normal dilakukan semua orang walaupun hal tersebut bukan merupakan sesuatu yang baik.

Namun menurut sosiolog, gosip merupakan bagian dari perekat masyarakat, membantu menyebarkan informasi, menciptakan persatuan dan melindungi orang-orang dari potensi dijahati orang lain, seperti dikutip dari Daily Mail.

Biasanya gosip diidentikkan dengan wanita, tetapi sebuah penelitian yang dilakukan oleh UC Riverside di University of California mengungkapkan bahwa pria juga suka bergosip lho.

Melibatkan 467 orang secara acak dari usia 18-58 tahun dan diberi alat perekam suara. Ada di antaranya 269 wanita dan 198 pria ternyata tercatat ada 4.003 gosip selama dua sampai lima hari. Artinya, mereka menghabiskan waktu rata-rata 52 menit dalam sehari untuk bergosip.



"Ada kelangkaan informasi yang mengejutkan tentang siapa yang bergosip dan bagaimana, memberikan perhatian dan pendapat publik tentang masalah ini," kata Megan Robbins, asisten profesor psikologi yang memimpin penelitian tersebut.

Meskipun wanita tercatat menghabiskan waktu sedikit lebih lama daripada pria untuk bergosip, nyatanya catatan waktu antara pria dan wanita tidak jauh berbeda.

Yang mengejutkan, peneliti mengungkapkan bahwa percakapan gosip dari respondennya dikategorikan netral, yang berarti mereka berbagi informasi dan bukan membuat pernyataan atau penilaian negatif.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa cara kita melihat dan bagaimana otak kita memandang wajah secara visual sebenarnya berubah sesuai dengan gosip yang kita dengar, dan itu memiliki efek perlindungan, memberikan informasi tentang siapa yang dapat dipercaya dan siapa yang mungkin membahayakan kita. Dengan kata lain, manusia diprogram secara biologis untuk merespons dan menggunakan gosip.


Pria Juga Rumpi, Habiskan 52 Menit per Hari untuk Gosip!
(wdw/up)
News Feed