Minggu, 05 Mei 2019 13:02 WIB

Diduga Terinfeksi di Pesta Prom, Ratusan Siswa Alami Gejala Hepatitis A

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi hepatitis A. Foto: Thinkstock
Jakarta - Ratusan siswa di dua sekolah menengah di Florida, Amerika Serikat diwaspadai terinfeksi hepatitis A, yaitu infeksi hati menular yang menyebabkan peradangan dan penurunan fungsi hati.

Dikutip dari Daily Mail, kewaspadaan itu disebabkan karena adanya satu orang pegawai di salah satu restoran yang digunakan untuk pesta prom didiagnosis hepatitis A pada bulan April lalu. Sementara pesta prom diadakan pada 13 dan 27 April.

Gejala hepatitis A yang muncul pada siswa-siswa tersebut meliputi kelelahan, sakit perut, diare, urine berwarna gelap, demam, tinja berubah warna.

Hepatitis A biasanya ditularkan melalui kotoran yang terinfeksi kemudian dicerna orang lain, atau makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi. Mencuci tangan tidak bersih juga bisa jadi memicu tingginya penularan virus tersebut.



Meskipun belum ada laporan siswa yang positif mengidap hepatitis A, banyak orang tua siswa yang kesal dengan kejadian tersebut.

"Semakin saya memikirkannya, semakin marah saya. Anda tidak mencuci tangan setelah pergi ke kamar mandi? Saya mencuci tangan seperti dokter bedah setiap saat," ungkap Cathy Czyr, salah satu orang tua siswa.

Sejak 20 Januari tahu lalu, terdapat 385 kasus infeksi hepatitis A di Florida. Departemen Kesehatan setempat mengatakan bahwa itu tiga kali lebih tinggi daripada rata-rata setiap tahun selama lima tahun sebelumnya.



Diduga Terinfeksi di Pesta Prom, Ratusan Siswa Alami Gejala Hepatitis A
(wdw/kna)