Minggu, 05 Mei 2019 17:01 WIB

5 Makanan yang Bantu Kamu Kelihatan Muda

Rosmha Widiyani - detikHealth
Mau kan tetap awet muda? Foto: Thinkstock Mau kan tetap awet muda? Foto: Thinkstock
Jakarta - Penampilan yang terlihat muda dan segar menjadi impian semua orang. Namun kulit sehat bebas kerut tak bisa diperoleh hanya dengan perawatan antiaging dan menghindari paparan langsung cahaya matahari.

"Perawatan kulit yang baik dimulai dari dalam tubuh. Penyebab utama kulit berkerut seiring usia adalah kehilangan kolagen, yang merupakan komponen utama struktur protein dalam kulit," kata ahli nutrisi Sophie Thurner dari Regents Park Aesthetics dikutip dari Mirror.

Thurner mengatakan, kolagen turun sekitar 1 persen tiap tahun mulai dari usia pertengahan 20 tahun. Untuk menjaga kandungan kolagen dan nutrisi lain dalam kulit, berikut 5 asupan sehat yang bisa dikonsumsi.


1. Telur
Telur adalah salah satu sumber protein terbaik yang juga mengandung vitamin A, B2, B7, dan iodine. Nutrisi tersebut adalah kunci perawatan kulit yang berkualitas.

2. Kerang
Kerang kaya kandungan iodine dan seng yang penting dalam proses penyembuhan kulit. Kerang juga mengandung tembaga (copper) yang mencegah kulit terlihat pucat dan tembus cahaya. Nutrisi dalam kerang membantu produksi pigmen yang membuat kulit terlihat muda.

3. Polong-polongan
Polong-polongan kaya tembaga yang bisa menjadi alternatif bagi yang alergi kerang. Beberapa contoh asupan yang bisa dikonsumsi adalah buncis dan kacang polong.

4. Sayuran berwarna gelap
Sayuran dengan daun berwarna gelap adalah sumber kolagen terbaik yang membantu kulit selalu tampak muda. Sayuran ini juga mengandung vitamin A dan C yang melindungi kulit dari radikal bebas.

5. Gandum dan beras
Gandum dan beras mengandung vitamin B dan zinc yang penting untuk merawat kesehatan kulit. Gandum, beras, dan asupan lain yang baik untuk kesehatan kulit harus dikonsumsi sesuai kebutuhan nutrisi tubuh.





(Rosmha Widiyani/frp)
News Feed