Senin, 06 Mei 2019 07:11 WIB

Mengenal Penyakit 'Usus Buntu' yang Dialami Penyanyi Kelly Clarkson

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kelly Clarkson mengidap usus buntu. Foto: Getty Images Kelly Clarkson mengidap usus buntu. Foto: Getty Images
Jakarta -
Penyanyi Kelly Clarkson dikabarkan menjalani operasi usus buntu dan sempat kesakitan ketika tampil di acara Billboard Music Awards pada Rabu (1/5) lalu. Dikutip dari Women's Health, Kelly mengaku telah mengalami gejalanya selama sekitar seminggu dan setelah acara tersebut, ia segera menuju rumah sakit untuk menjalani operasi pengangkatan usus buntu.

Kelly mampu melewati acara tersebut dengan apik dan mendapatkan pujian walau di tengah menahan rasa sakit. Hal itu ia sampaikan lewat akun Twitternya, @kelly_clarkson, pada keesokan harinya usai menjalani operasi.

"Nggak bohong.. aku bisa saja jatuh menangis setelah acara tersebut karena kesakitan. Namun terima kasih untuk semua orang luar biasa di @ Cedars-Sinai. Aku langsung pulang usai acara, melewati operasi pagi ini dan merasa luar biasa sekarang. Dah usus buntu!" tulis Kelly.



Appendicitis atau biasa kita sebut dengan 'usus buntu' saja adalah kondisi di mana terjadi peradangan pada appendix, organ berbentuk tabung kecil yang menempel di usus besar yang sebenarnya tidak pernah diketahui apa fungsinya alias usus buntu, menurut situs National Library of Medicine (NLM).

Penyebabnya adalah sumbatan di dalam organ tersebut yang menyebabkan naiknya tekanan dan masalah dengan aliran darah, ditambah dengan terjadinya peradangan. Jika penyumbatan ini tak segera ditangani, maka usus buntu dapat 'meledak' dan menyebarkan infeksi ke perut dan mengakibatkan kondisi yang disebut peritonitis.

Gejala utamanya adalah nyeri perut, umumnya di bagian kanan tubuh, yang muncul mendadak dan makin memburuk seiring waktu. Kemudian bengkak di perut, hilangnya nafsu makan, muntah dan mual, konstipasi atau diare dan demam ringan. Betapa luar biasanya Kelly mampu tampil nyaris sempurna dengan menahan semua gejala tersebut ya!

Penanganan biasanya mengharuskan pengangkatan usus buntu (apendektomi), semakin cepat diangkat maka semakin baik dan menurunkan risiko munculnya masalah lebih banyak dan lebih serius. Beberapa kasus ringan bisa diperbaiki dengan hanya obat-obatan saja. Pemulihan bisa memakan tiga hingga lima hari.



Tonton video Kelly Clarkson Operasi Usus Buntu Usai Jadi Host BBMA 2019:

[Gambas:Video 20detik]



Mengenal Penyakit 'Usus Buntu' yang Dialami Penyanyi Kelly Clarkson
(frp/up)
News Feed