Senin, 06 Mei 2019 10:34 WIB

Mengapa Kita Mengantuk Ketika Merasa Bosan?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi mengantuk. (Foto: shutterstock) Ilustrasi mengantuk. (Foto: shutterstock)
Jakarta - Saat melakukan kegiatan sehari-hari, nggak jarang rasa bosan melanda. Apalagi jika sedang melakukan pekerjaan yang sifatnya monoton, duh pasti bosan banget.

Ketika bosan, rasa kantuk melanda. Ngantuknya pun jadi bertambah dua kali lipat ketika sedang puasa. Hm.. kira-kira kenapa ya kita mengantuk ketika merasa bosan?

Sebagai manusia, kita sering melawan rasa kantuk dan tetap terjaga ketika perhatian diperlukan. Tetapi nggak jarang pula mengalami keinginan yang tidak terhindarkan untuk tidur dalam situasi yang membosankan.

Sebuah jurnal yang dipublikasikan di Nature Communications menemukan bagian otak yang berhubungan dengan motivasi dan kesenangan atau disebut dengan nucleus accumbens, juga dapat merangsang tidur. Temuan ini juga menjelaskan mengapa kita memiliki kecenderungan untuk tertidur ketika bosan.



Para peneliti dari University of Tsukuba's International Institute for Integrative Sleep Medicine (WPI-IIIS) dan Departemen Farmakologi Universitas Fudan menggunakan teknik chemo-genetik dan optik untuk mengontrol aktivitas nukleus accumbens neuron dan perilaku mereka dari jarak jauh.

Hasilnya, tim penelitian ini menemukan bahwa nukleus accumbens neuron memiliki kemampuan yang sangat kuat untuk menginduksi tidur yang tidak dapat dibedakan dari komponen utama tidur alami, yang dikenal sebagai tidur gelombang lambat dari rangsangan otak.

"Adenosin somnogen klasik adalah kandidat kuat untuk membangkitkan efek tidur pada nucleus accumbens," kata Yo Oishi, penulis utama proyek ini, dikutip dari Science Daily.

Adenosin telah lama diketahui sebagai suatu keadaan yang mewakili kekurangan energi dan dapat merangsang kantuk dan lelah. Hal ini sering disebabkan karena mekanisme otak yang mengatur tidur yang dipengaruhi oleh faktor kognitif dan emosional kadang tidak dipahami dengan baik.


Mengapa Kita Mengantuk Ketika Merasa Bosan?
(kna/up)
News Feed